Tingkatkan Kemandirian : Mahasiswa IP UMM Rintis Usaha Clean Shoes

Selasa, 10 Oktober 2023 05:23 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 9 Oktober 2023. Keinginan mandiri tentunya sangat ingin dimiliki oleh seluruh orang apalagi belajar mandiri dari segi financial atau ekonomi. Salah satunya seperti pemikiran yang dimiliki oleh seorang Mahasiswa IP UMM angkatan 2022 yang bernama Davril Pardede atau kerap dikenal dengan sebutan Davril. Mahasiswa asal Kota Batu ini memiliki usaha yaitu clean shoes dengan nama “cleanvast kota batu”. Usaha yang dimiliki oleh Davril ini awal mulanya dirintis bersama dengan kakaknya sejak tahun 2015. Usaha clean shoes ini telah memiliki toko, yang berada di Jl. Hasanuddin Gg. I No. 15, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65313.

Menurut Davril terdapat 3 orang operasional dalam menjalakan usaha yang dimilikinya, Davril serta kakaknya berperan dalam pengerjaan mencuci sepatu sedangkan istri dari kakaknya yang bertangungjawab dalam perihal administrasi. Sehingga usaha yang ada tersebut masih dikerjakan dalam lingkup keluarganya saja. Usaha yang dimiliki oleh Davril pun saat ini telah memiliki omset rata-rata kurang lebih 4,5 juta per bulannya.

Dalam menjalankan usahanya, Davril mengaku jika memang sempat merasakan naik turun dalam usahanya. Tepatnya saat awal-awal merasakan Lock Down atau PSBB saat pandemi kemarin, selama beberapa bulan usahanya tidak memiliki pemasukan sama sekali sekitar kurang lebih 3 bulan lamanya. Dari hal tersebut, Davril berusaha untuk memutar otak dengan lebih memanfaatkan sosial media serta sabar sehingga perlahan usaha yang dimilikinya stabil kembali.

Davril mengatakan jika dari usaha yang dimilikinya tersebut tentunya sangat membantu perekonomian. “Kalau buat membantu perekonomian itu Alhamdulillah sangat membantu, terus kalau dari segi membuat aku mandiri itu juga Alhamdulillah karena cukup juga untuk uang jajan aku sehari-hari dan Alhamdulillah cukup membantu mengurangi beban orang tua.” Kata Davril. Selain itu dari usaha yang dimilikinya, hasil yang didapatakan juga dapat membantu biaya pendidikannya saat ini.

Selain itu, dari usaha yang dimiliki oleh Davril tersebut, usahanya dapat dimasukkan dalam aktifitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana salah satu bentuk dari kegiatannya tersebut adalah Kegiatan Wirausaha. Mahasiswa saat ini tentunya juga harus melek akan peluang usaha, sehingga dari usaha tersebut mereka dapat memiliki penghasilan mandiri yang tentunya juga akan membantu orang tuanya serta menjadi usaha yang berpeluang untuk masa depannya. Mahasiswa harus dapat melihat peluang yang ada serta membuat strategi bisnis yang tepat dan efektif.

Shared: