Pentingnya Mitigasi Bencana Pada Penanganan Bencana Alam

Senin, 11 Desember 2023 03:56 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Bencana alam merupakan bentuk peristiwa yang tidak dapat diduga kemunculannya. Bencana alam juga menimbulkan kerusakan disekitarnya seperti kerusakan lingkungan, infrastruktur, dan lain-lain. Oleh karena itu diperlukan adanya mitigasi yang merupakan suatu upaya untuk mengurangi resiko bencana.

Mitigasi adalah upaya yang memiliki sejumlah tujuan yakni untuk mengenali risiko, penyadaran akan risiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainyaDalam mengatasi bencana alam ini, salah satu Dosen Ilmu Pemerintahan UMM, Bapak Yana S. Hijri, yang berfokus pada penanganan bencana ini pun ikut memberikan pendapatnya.

Mitigasi itu ada yang berupa struktural dan non struktural. Struktural berupa pencegahan bencana dengan perbaikan atau peningkatan infrastruktur. Non struktural berupa pencegahan bencana dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat, seperti memberikan sosialisasi, pembentukan lembaga pencegahan bencana, dll”, ungkapnya.

Dalam hal pembentukan lembaga pencegahan bencana termasuk didalamnya pembentukan sistem informasi pencegahan bencana yang baik dan tepat sasaran. Dengan struktur kelembagaan yang jelas terkait siapa yang bertanggung jawab di lingkungan tersebut. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat menjadi paham langkah apa yang akan dilakukan dan kepada siapa masyarakat melaporkan ketika bencana terjadi.

Selain itu, pencegahan bencana atau mitigasi ini juga tidak semata mata hanya dilakukan oleh Pemerintah saja, namun juga harus ada kolaborasi dan partisipasi dari masyarakat yang dapat dimulai dari hal-hal kecil. “Pencegahan atau mitigasi bencana itu dimulai dari hal kecil yaitu diri sendiri dan dari sekarang, sehingga nantinya akan berkembang menjadi suatu kebiasaan” ungkap beliau menambahkan.

Memulai sesuatu yang baik meskipun dari hal kecil pada dasarnya sudah ikut merubah kondisi lingkungan menjadi lebih baik, seperti mengelola sampah organik dan an-organik, mendaur ulang sampah, menanam tumbuhan, dll di sekitar kita sudah termasuk dalam gerakan kecil yang dapat mencegah bencana alam. Karena hal-hal kecil yang kita lakukan berulang kali tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik.

Shared: