Menyoal Digitalisasi Birokrasi di Indonesia: Panacea atau Fatamorgana?

Rabu, 29 November 2023 10:45 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 28 November 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community pada minggu ke sembilan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, bertujuan untuk merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023.

Bertindak sebagai pemantik diskusi, yakni kelompok presenter dari angkatan 2022 yang berjumlah sepuluh orang. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Digitalisasi Birokrasi: Panacea atau Fatamorgana?”. Tema tersebut dipilih guna mengkaji tentang realitas sistem birokrasi Indonesia di masa kini.

Pertemuan yang mengkaji tentang sistem digitalisasi birokrasi di Indonesia ini, secara teknis berbentuk kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan materi dan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Digitalisasi menjadi topik yang selalu diperbincangkan dewasa ini. Penerapan teknologi digital pada sektor pemerintahan juga merupakan hal yang didambakan untuk memberi public service yang efisien dan efektif kepada masyarakat. Good Governance dan reformasi birokrasi di Indonesia tentu menuntut para SDM birokrasi untuk kreatif dalam merealisasikan digitalisasi dalam memberikan pelayanan. Namun, penerapan e-government di Indonesia masih menjadi perdebatan hangat, apakah berhasil atau sekedar fatamorgana,” jelas pemantik.

Melalui forum diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa dengan simpulan bahwasannya, penerapan digitalisasi birokrasi di Indonesia merupakan salah satu upaya reformasi pemerintahan, terutama dalam sektor pelayanan publik. Sebagai negara dengan salah satu jumlah penduduk terbesar di dunia, maka percepatan digitalisasi ini harus menjadi konsentrasi untuk mencapai kemajuan. Segala permasalahan yang muncul seharusnya dapat diminimalisir dengan pemanfaatan teknologi. (van/roz)

Shared: