LOGOS IP UMM Raih Akreditasi SINTA 2

Rabu, 29 Desember 2021 15:19 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si selaku Editor in Chief LOGOS. (Foto: Istimewa)

Kabar gembira dan membanggakan kembali diraih oleh keluarga besar Ilmu Pemerintahan (IP) UMM Malang. Kali ini jurnal Local of Government Issues (LOGOS) berhasil meraih predikat akreditasi Nasional SINTA 2. Predikat ini tertuang melalui Surat Keputusan Nomor: 5162/E4/AK.04/2021 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Adapun masa berlaku SK ini terhitung tahun Volume 3 nomor 2 tahun 2020 sampai volume 3 nomor 1 tahun 2025. Status ini menegaskan reputasi LOGOS sebagai salah satu jurnal ilmiah terbaik di Indonesia.

Ini tentu saja sangat disyukuri oleh prodi IP UMM dan juga tim pengelola LOGOS. Raihan ini merupakan buah dari kerja keras, kerja ikhlas secara bersama-sama dan melalui proses yang panjang sehingga menjadi salah satu kado terindah di penghujung tahun 2021. Ungkapan ini disampaikan oleh Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si selaku Editor in Chief LOGOS.  “Sejak pertama kali terbit pada maret 2018 salah satu target kami adalah meraih peringat SINTA 2. Dalam pemeringkatan jurnal SINTA 2 menunjukan bukti bahwa pengelolaan LOGOS memiliki standard yang sangat baik. Kinerja LOGOS dianggap sangat memuaskan dari aspek manajemen pengelolaan yang berumutu dan substansi jurnal yang ketat dan kontributif, dua hal yang menjadi indikator penilaian dalam penentuan peringkat akreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Alhamdulillah ini berkat kerja sama seluruh tim pengelola dan juga berkat dukungan langsung dari Prodi dan Universitas melalui LPPI yang tanpa lelah terus berusaha mengembangkan kualitas LOGOS, "tegas Tri.

Dr. Salahudin, S.IP.,MSi., M.PA selaku Handling Editor LOGOS. (Foto: Istimewa)

Kedepanya pengembangan LOGOS akan terus dilakukan. Dr. Salahudin, S.IP.,M.Si.,M.PA selaku Handling Editor menyampaikan rencana pengembangan LOGOS kedepanya yang tentu saja membutuhkan persiapan yang sangat matang. “Pertama kami sangat bersyukur kepada Allah SWT atas keberhasilan ini dan mengucapkan terima kasih tidak terhingga kepada pihak-pihak yang telah membantu. Kami sadar masih banyak yang perlu diperbaiki dalam pengelolaan LOGOS. Meskipun telah meraih peringkat SINTA 2 tetapi dari catatan review yang kami dapatkan, LOGOS perlu melakukan beberapa perbaikan. Masukan tersebut akan segera kami tindaklanjuti agar mimpi LOGOS untuk go international dapat terwujud. Harapan terbesar kami selanjutnya adalah LOGOS bisa terindeks jurnal bereputasi Internasional tinggi sehingga kualitas LOGOS harus terus di jaga dan ditingkatkan. Secara bertahap langkah internasionalisasi tersebut akan dimulai dengan mengideksisasi LOGOS ke Emerging Soruces Index (ESCI) agar bisa masuk database Web of Sciences (WoS) dan setelah itu ke Scopus. Kami sadar terindeks WoS dan Scopus sangat berat dan butuh proses yang panjang, namun kami yakin dengan kerjasama seluruh tim insha Allah target tersebut dapat terwujud,”tutup Salahudin.

 

Shared: