Dosen IP UMM Jadi Tim Ahli Kajian IKM di Dinas Perhubungan Kota Malang

Senin, 13 Desember 2021 08:30 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Suasana presentasi laporan IKM di Dinas Perhubungan Kota Malang. (Foto:Istimewa)

Dosen-dosen Ilmu Pemerintahan (IP) UMM Malang kembali mendapatkan pengakuan atas keahlian yang dimiliki oleh instansi Pemerintahan. Kali ini sebagai Tim Ahli dalam Kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dari Dinas Perhubungan Kota Malangtahun 2021. Dosen IP yang terlibat adalah Drs. Khrisno Hadi, MA selaku Ketua Tim Ahli dan Yana Syafrieyana, S.IP,M.IP, Ali Roziqin, S.PA.,M.PA dan Iradhat Taqwa Sihidi, S.IP.,MA selaku anggota tim ahli.

Kajian ini telah melewati proses yang panjang sejak Bulan November yang dimulai dari proses survei dan kini telah selesai dalam sebuah laporan akhir. Senin, 13 Desember 2021 bertempat di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Kota Malang, laporan akhir tersebut dipresentasikan yang menggambarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas 9 jenis layanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang.

Dari 9 Unit Layanan yang ada yakni Pelayanan Penggunaan Badan Jalan, Pelayanan Rekomendasi Andalalin, Jenis Pelayanan Penerbitan Rekomendasi Penggantian Kendaraan Mobil Penumpang Umum/Bus AKAP/AKDP dan Angkutan Kota, Jenis Pelayanan Penerbitan Rekomendasi Perpanjangan Trayek Mobil Penumpang Umum/Bus AKAP/AKDP dan Angkutan Kota, Jenis Pelayanan Penerbitan Rekomendasi Perubahan Rute Trayek Mobil Penumpang Umum/Bus AKAP/AKDP dan Angkutan Kota, Jenis Pelayanan Penerbitan Rekomendasi Ijin Usaha Angkutan Orang dan Barang, Jenis Pelayanan Penerbitan Pertimbangan Teknis Ijin Operasional Angkutan Tidak Dalam Trayek, Pengujian Kendaraan Bermotor dan Pelayanan Perijinan Perparkiran semuanya mendapatkan Nilai B dalam mutu pelayanan yang berarti kategori Baik. Ini menunjukan kepuasan masyarakatyang baikterhadap layanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan. Meskipun demikian dari hasil analisislebih dalam, masih ditemukan beberapa masalah yang perlu perbaikan kedepanya misalnya dalam Waktu Pelayanan dan Kompetensi pelaskana yang angkanya terendah dalam layanan Penerbitan Pertimbangan Teknis Ijin Operasional Angkutan Tidak Dalam Trayek.

Yana Syafrieyana, S.IP.M.IP selaku salah satu Tim Ahli menyatakan kegiatan ini adalah bagian dari kontribusi Perguruan Tinggi khususnya IP UMM dalam meningkatkan pelayanan Publik di Kota Malang. Yana panggilan akrab beliau yang juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium IP UMM Malang menyatakan bahwa Kerjasama-kerjasama seperti ini telah berlangsung sejak lama di berbagai kegiatan dan masih ada beberapa rencana kegiatan selanjutnya. Survei IKM ini merupakan gambaran mengenai kinerja pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang. Dari temuan survei dan analisas yang kami lakukan Mutu Pelayanannya Baik yang berarti masyarakat puas. Meskipun harus diakui tetap perlu ada pembenahan di beberapa unit sehingga kedepanya bisa memperoleh predikat sangat baik. Kerjasama ini bukanya terakhir, selanjutnya yang masih dalam tahap finalisasi adalah Kajian tentang Transportasi Publik Terintegrasi di Kota Malang yang direncanakanakan dilaksanakan pada tahun 2022. Prodi IP yang disupport penuh oleh Laboratoriumakan selalu siap membantu Instansi Pemerintahan dan juga swasta dalam hal meningkatkan pelayanan publik di Indonesia, “ tutup Yana.

 

 

 

Shared: