Tingkatkan Kualitas Proposal, Prodi IP UMM Gelar Pelatihan Internal Bagi Mahasiswa Peserta PKM 2024

Jum'at, 20 Oktober 2023 20:47 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 20 Oktober 2023. Prodi Ilmu Pemerintahan UMM selenggarakan pelatihan internal terkait strategi penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024, khususnya bagi mahasiswa angkatan 2022. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan membimbing mahasiswa dalam menyusun proposal PKM. Bertindak sebagai pemateri sekaligus fasilitator, yakni Ibu Umi Kulsum, S.IP., M.IP selaku dosen Prodi Ilmu Pemerintahan UMM.

Kegiatan pelatihan penulisan proposal PKM nantinya akan terus berkelanjutan dan dilakukan monitoring secara berkala. Ini merupakan bentuk strategi agar mahasiswa dapat lolos dan memperoleh pendanaan di ajang kompetisi PKM 2024. Saat pelatihan berlangsung, pemateri menyampaikan bahwa penyusunan proposal harus memiliki kebaharuan serta memiliki urgensi pembahasan yang menarik, namun tetap relevan.

“Jika mengambil skema penulisan PKM berupa penelitian seperti Riset Sosial Humaniora (RSH), maka harus dipastikan bahwa penelitian memiliki kebaharuan, serta harus memiliki kepastian bahwa penelitian yang diambil itu  mampu untuk diselesaikan. Sebab penelitian yang baik adalah yang bisa selesai,” jelas pemateri.

Selain itu, Ibu Umi Kulsum selaku pemateri juga menegaskan dalam pelatihan, bahwasannya penulisan proposal PKM harus jelas dan memiliki alur penulisan yang runut.

“Jadi, dalam penulisan nantinya harus runut agar dapat dipahami secara jelas maksud penelitiannya. Jangan sampai lompat sana-sini, dengan kata lain terus meluas dan tidak ada kesinambungan. Ini harus diperhatikan baik-baik,” ungkap pemateri. (van/roz)

Shared: