Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa: Prodi IP UMM Hadirkan Praktisi Desa dan Analis Kebijakan dalam Program Center of Excellence

Selasa, 14 Mei 2024 19:37 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Senin, 13 Mei 2023, Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar program Center of Excellence (CoE) dengan menghadirkan praktisi dari berbagai instansi pemerintahan. Program CoE ini berfokus pada dua kelas, yaitu Kelas Profesional Analis Pemerintahan dan Politik, serta Kelas Pemerintahan Desa, yang masing-masing kelas diikuti oleh 26 mahasiswa terpilih.

Kelas Profesional Analis Pemerintahan dan Politik menghadirkan praktisi dari Lembaga Administrasi Negara, yakni Muhammad Asphian Aswin, S.H., M.H. Topik yang diajarnya mencakup Agenda Setting dan Stakeholder Analysis, dimana sangat relevan dalam konsteks kebijakan dan politik. Sedangkan untuk Kelas Pemerintahan Desa, praktisi yang dihadirkan adalah Aditya Prasaja, S.STP., M.AP. dari Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana dengan topik materi Analisa Situasi dan Identifikasi Masalah, sesuai dengan kebutuhan pengembangan pemerintahan di tingkat desa.

Materi yang disampaikan didasarkan pada pengalaman masing-masing praktisi yang memberikan wawasan yang sangat berharga bagi mahasiswa. Partisipasi mahasiswa dalam program CoE ini sangatlah tinggi, terlihat antusiasme mereka dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam dunia pemerintahan.

Menurut Kaprodi IP, Muhammad Kamil Menyatakan "Menghadirkan praktisi dari berbagai instansi pemerintahan menjadi salah satu upaya Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM dalam memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa, sehingga mereka lebih siap dan terampil dalam menghadapi tantangan di dunia nyata setelah menyelesaikan studi nantinya", tutupnya.

Shared: