Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM Gelar Kuliah Tamu Guna Membahas Indeks Reformasi Birokrasi Kabupaten dan Kota

Sabtu, 25 Maret 2023 21:56 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 24 Maret 2023. Untuk membekali mahasiswa sebagai sumber daya pemerintah masa depan yang mampu menjawab segala tantangan zaman, Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM menggelar kuliah tamu bertema “Indeks Reformasi Birokrasi Kabupaten dan Kota”. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2020 yang tergabung dalam program Center of Excellent (CoE) atau kelas unggulan Analis Pemerintahan dan Politik. Kuliah tamu ini menghadirkan seorang narasumber yang telah berkecimpung di bidang penguatan tata kelola pemerintahan dan pembangunan yaitu Bapak Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP.,M.AP yang saat ini menjabat di PT. Smart ID.

Dalam kuliah tersebut Bapak Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP.,M.AP menjelaskan mengenai indeks profesionalitas ASN yang sudah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 dan PP Nomor 11 Tahun 2012. Beliau menjelaskan bahwa indeks profesionalitas ASN merupakan sebuah ukuran statistik yang menggambarkan kualitas ASN yang berdasarkan kualifikasi pendidikan, kompetensi, kinerja, dan kedisiplinan pegawai ASN dalam melakukan tugas jabatannya. Beliau juga menyampaikan tujuan dan maksud dari diadakannya Pengaturan Indeks Profesionalitas ASN. Pengukuran ini dimaksudkan sebagai acuan instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam melakukan pengukuran Indeks Profesionalitas ASN dengan tujuan agar Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dapat melakukan pengukuran Indeks Profesionalitas ASN secara benar. Intansi Pemerintah Pusat dan Daerah wajib melakukan pengukuran Indeks Profesionalitas ASN secara berkala minimal 1 (satu) kali setiap tahunnya.

Kegiatan kuliah tamu ini juga mendapat respon positif dari mahasiswa. Hal ini terlihat dari antusias mahasiwa dalam setiap sesi tanya jawab yang diberikan oleh narasumber. Mahasiswa merasakan mendapat ilmu baru yang tidak pernah mereka dapatkan di tempat lain melalui kuliah tamu ini. Mahasiswa juga mempresentasikan hasil analisis mereka terkait dengan Indeks Profesionalitas ASN yang dipandu langsung oleh narasumber.

Shared: