Prodi IP UMM Kembangkan Metode Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Project dan Problem Based Learning

Jum'at, 18 Agustus 2023 22:18 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 12 Agustus 2023. Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM melakukan kegiatan lokakarya dalam rangka mengembangkan metode pembelajaran mata kuliah berbasis project dan problem based learning. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Horison Kota Batu, dengan dihadiri oleh Bapak Muhammad Kamil, S.IP., M.A selaku Kaprodi Ilmu Pemerintahan, bersama dengan seluruh jajaran struktural Program Studi lainnya dan para dosen.

Kegiatan pengembangan metode pembelajaran ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Prodi Ilmu Pemerintahan UMM dalam menciptakan lulusan yang kompeten di bidangnya, sebagaimana profil lulusan ilmu pemerintahan yang ingin dicapai yakni; menjadi Analis di lembaga publik/privat, Konsultan pemerintahan dan politik, Penggerak/fasilitator pemberdayaan masyarakat, serta Komunikator/negosiator publik.

“Visi kita sudah sesuai dengan visi fakultas dan universitas, adapun yang perlu lebih disesuaikan saat ini adalah kurikulum yang merespon bagaimana kondisi pemerintahan. Pembeda IP UMM dengan IP yang lain adalah terkait dengan dynamic governance dan nilai-nilai keislaman. Konsep unggulan yang dimaksud dalam visi harus termaktub dalam kurikulum, bahan kajian, hingga mata kuliah” ungkap Bapak Kamil selaku Kaprodi IP UMM.

Bapak Salahudin sebagai salah satu dosen Prodi IP UMM, menyampaikan bahwa dalam mematangkan konteks dari visi yang sudah ada, maka visi prodi yang ini harapannya dapat merespon perubahan kondisi pemerintahan dan dunia kerja. Konsep dynamic tentu sangat luas dan terkait dengan banyak hal.

“Bahan kajian dapat berfokus dalam memperkuat dynamic governance, secara khusus untuk memeperkuat tata kelola pemerintahan. Selain itu, bahan kajian yang perlu ditingkatkan yaitu konsep pemerintahan yang berbasis digital, ini penting untuk menjawab tuntutan dunia kerja,” jelas Bapak Salahudin.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula pembahasan terkait desain praktikum guna meningkatkan kompetensi dan kemampuan mahasiswa. Bapak Ali, selaku Kepala Laboratorium Prodi IP UMM menegaskan bahwa terkait dengan skill yang perlu diajarkan pada mahasiswa diluar mata kuliah seperti, kemampuan public speaking dan microsoft office dapat lebih ditekankan dalam praktik di laboratorium. (van/roz)

Shared: