Prodi IP UMM Gelar Workshop Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa

Jum'at, 13 Oktober 2023 09:15 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 13 Oktober 2023. Prodi Ilmu Pemerintahan UMM selenggarakan Workshop Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), khususnya bagi mahasiswa angkatan 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan membimbing mahasiswa dalam menyusun proposal PKM. Bertindak sebagai pemateri sekaligus fasilitator, yakni Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si selaku dosen sekaligus Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan UMM.

Kegiatan pendampingan PKM ini nantinya akan terus dilakukan secara berkala setiap minggunya, mulai dari penentuan konsep dan judul, hingga penyusunan proposal yang akan diajukan pada seleksi proposal PKM diawal tahun 2024 mendatang. Saat sosialisasi berlangsung, pemateri menyampaikan bahwa seluruh dosen tentunya akan memfasilitasi mahasiswa untuk berkonsultasi.

“Sampaikan semua ide dan gagasan yang kalian miliki untuk PKM ini dan sangat dipersilahkan bahkan wajib untuk berkonsultasi dengan dosen wali masing-masing, jadi tidak perlu khawatir,” jelas pemateri.

Nantinya mahasiswa Ilmu Pemerintahan diarahkan untuk mengikuti skema PKM sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari, sehingga bersifat linier. Maka, skema PKM yang akan diikuti yakni: PKM-PM (Pengabdian Masyarakat) dan PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora).

Bapak Ach. Apriyanto selaku pemateri juga menegaskan dalam sosialisasi, bahwasannya PKM ini dapat menjembatani mahasiswa dalam meraih kelulusan tepat waktu, bahkan percepatan kelulusan di semester tujuh.

“PKM ini dapat membantu kalian untuk mempercepat kelulusan, dengan adanya kebijakan ekuivalensi berupa SKS, hingga lulus tanpa skripsi jika lolos sampai Pimnas,” pungkas pemateri. (van/roz)

Shared: