Prodi IP Berhasil Pertahankan Akreditasi Uggul

Kamis, 09 Februari 2023 22:31 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 10 Februari 2023. Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Malang berhasil mempertahankan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebelumnya prodi IP telah memiliki akreditasi unggul pada tahun 2021, penilaian yang dilakukan oleh BAN-PT mencakup 9 standar perguruan tinggi.

Syarat akreditasi terdiri atas beberapa penilaian mulai dari elemen dasar yang berupa parameter hingga penilaian indikator kunci yang digunakan sebagai dasar dalam menetapkan mutu perguruan tinggi. Selain itu, fakultas dan universitas juga harus melakukan pengelolaan kontrol mutu dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang didasarkan pada standard mutu dan kualitas program studi.

Dekan FISIP UMM Prof. Muslimin Machmud mengatakan capain ini merupakan sesuatu yang membanggakan “Capaian ini merupakan kerja keras dan kerja cerdas seluruh tim yang terlibat didalam akreditasi. Saya selaku dekan mengucapka terimakasih kepada alumni, pengguna lulusan, mahasiswa dan pengelola prodi”, ujarnya

Akreditasi Unggul ini tentu semakin mempertegas kiprah UMM secara umum dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Kaprodi Ilmu Pemerintahan, Muhammad Kamil, S.IP.,M.A dalam kesempatan lain mengatakan bahwa reputasi prodi yang memperoleh akreditasi unggul akan berpengaruh pada minat calon mahasiswa untuk menempuh program studi ilmu pemerintahan.  Itu artinya, prodi ilmu pemerintahan berkomitmen untuk memberikan jaminan pendidikan yang berkualitas bagi calon mahasiswa.

Perlu diketahui, untuk meraih akreditasi unggul, Prodi IP harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh BAN-PT. Kamil mengatakan ada dua syarat yang ditentukan oleh BAN-PT. Pertama, prodi harus melakukan sinergi kolaboratif dengan fakultas, universitas, dan stakeholder lainnya. Kedua,  prodi juga diharuskan menyusun dokumen secara komprehensif serta memperhatikan standar akreditasi. Tujuan dari standar akreditasi itu untuk mengukur dan menetapkan mutu pada kelayakan institusi.

Meskipun demikian, capaian IP UMM ini tidak akan berhenti pada akreditasi unggul saja, akan tetapi juga rekognisi internasional melalui akreditasi internasional. Oleh karena itu kedepan, Prodi IP akan terus berupaya mencapai tujuan tersebut.

Shared: