Prodi Ilmu Pemerintahan Lakukan Clinic Riset untuk mahasiswa Thailand

Jum'at, 01 Maret 2019 11:46 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

 

Kamis, 28 Februari 2018, Prodi Ilmu Pemerintahan memiliki program unggulan untuk go International. Salah satnya adalah program Student Exchange, yakni program pertukaran pelajar dari universitas dari luar negeri ke prodi Ilmu Pemerintahan. Hal ini sebagai bukti bahwa Prodi Ilmu Pemrintahan secara internasional telah dikenal dan diakui dengan adanya mahasiswa asing, tepatnya mahasiswa dari College Local Administration (COLA) Khon Kaen University, Thailand. 

 

Selama di Prodi Ilmu Pmerintahan mahasiswa dari Thailand melakukan berbagai kegiatan diantaranya melakukan diskusi publik, kursus bahasa Indonesia, melakukan kegiatan sosial, kuliah dan mengajar kursus bahasa Thailand. Point penting dalam Student Exchange ini, mahasiswa Thailand memiliki tugas khusus untuk melakukan penelitian di Indonesia, khususnya di Malang dengan tema yang disesuaikan dengan minat dari masing-masing mahasiswa tersebut.

Sittisak Kaeothanmanukun, Suparom Wongracha, Mintra Wongwirat dan Kanarwut Duangin merupakan mahasiswa dari College Local Administration (COLA) Khon Kaen University, Thailand yang sedang melakukan program Student Exchange di prodi Ilmu Pemerintahan. Masing-masing dari mereka sedang melakukan riset tentang adaptation, obstacles, living and well-being of Thai People In Indonesia, the guidelines to conserve local identity : a case study of Malang City, Jawa Timur, Indonesia, The Study Process Political Participation of Children and Youth in Indonesia dan The Model of Financial Preparation For The Future of people Indonesia. Untuk memperlancar kegiatan riset mahasiswa di atas, Prodi Ilmu Pemerintahan menyediakan dosen pembimbing bagi mereka. 

 

Salah satu mahasiswa asing asal COLA, Khon Kaen University, Thailand mengungkapkan kesan selama belajar di Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP-UMM mengatakan bahwa” kami senang dan bahagia atas sambutan dan pelayanan dari Prodi Ilmu Pemerintahan, selama belajar di sini, kami banyak belajar tentang iklim akademik di sisni, belajar belajar bahasa Indonesia dan budaya di Malang.Orang-orangnya ramah, sopan dan bersahabat kepada kami walau kami orang asing, ujar Mintra Wongwirat yang akrab dipanggil Min ini.

 

Kaprodi Ilmu Pemerintahan Muhammad Kamil MA, berkomentar “dengan keberadaan mahasiswa asing yang belajar di Prodi Ilmu Pemerintahan  tercinta ini, pastinya akan terus mendorong untuk terus berbuat yang terbaik untuk melakukan perbaikan demi kemajuan Prodi dan universitas untuk menuju world class university. Kita akan tingkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama ini dengan meningkatkan kompetensi SDM dosen, layanan akademik yang terbaik dan mencukupkan fasilitas yang mendukung terlaksana dan terbangunnya budaya akademik yang baik sehingga mahasiswa asing yang belajar disini dapat merasa nyaman dan aman”.

Shared: