Pintar Manajemen Waktu, lulusan terbaik IP UMM Sukses Meraih Banyak Prestasi

Kamis, 03 Februari 2022 05:45 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Punya kesibukan dengan bekerja dan aktif di banyak organisasi bukanlah halangan untuk memperoleh prestasi akademik yang sangat memuaskan. Banyak mahasiswa yang enggan mencari kegiatan produkif lain diluar perkuliahan dengan alasan akan mengganggu nilai akademiknya. Ketakutan berlebihan tersebut dipatahkan oleh Ike Dwi Ambarwati, lulusan terbaik Ilmu Pemerintahan periode IV tahun 2021. Perempuan kelahiran Bondowoso, Jawa Timur berhasil lulus tepat waktu dengan predikat IPK cumlaude (3,88). Yang juga sangat luar biasa, Ike panggilan akrabnya memiliki segudang aktifitas lain berupa aktif  di organisasi dan bekerja serta disaat bersamaan memiliki banyak prestasi akademik.

Ike Dwi Ambarwati sebagai lulusan terbaik IP UMM Periode IV tahun 2021. (foto: istimewa)

Ike aktif dibanyak organisasi yang memiliki banyak kegiatan berbeda-beda. Di Intra Kampus pernah menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan (HIMAP). Di ekstra lebih banyak lagi, di mulai dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Himpunan Mahasiswa Bondowoso, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang sampai dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Malang pernah diikutinya. Tidak hanya itu, Ike juga pernah bekerja sebagai guru les private tingkat SD untuk semua mata pelajaran.

Semua aktifitas tersebut jelas menyita waktu dan tenaga. Namun bagi Ike kuncinya adalah manajemen waktu dan penentuan skala prioritas. “Capek tentunya ya, namun itu sangat perlu saya lakukan untuk mengembangkan diri. Organisasi memberikan banyak hal seperti melatih kedewasaan berpikir, melatih kemampuan berbicara dan bersosialisasi, serta tentunya mendapatkan teman atau relasi. “Di organisasi saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang tidak saya dapatkan di bangku kuliah, “tambah Ike. Untuk mengajar les privat, Ike mengakui itu sebagai upaya untuk mencari penghasilan sendiri.

Ike juga membagikan tips dan trik agar kuliah tetap berjalan dengan baik. “Pada dasarnya aktif di banyak organisasi itu justru mendukung perkuliahan kita. Wawasan mahasiswa akan semakin luas, nalar kritis terbangun yang itu sangat membantu kelancaran perkuliahan mahasiwa. Ike merasakan betul manfaat tersebut, berbagai prestasi khususnya presentasi di berbagai forum ilmiah dan penulisan artikel ilmiah berhasil diraih dilakukan dengan maksimal karena didikan dan pengalaman yang didapatkan selama berorganisasi. “Jadi tidak benar berorganisasi atau memiliki kesibukan lain yang positif itu menggangu kuliah kita, tinggal pintar-pintarnya diri kita sendiri dalam mengatur waktu, “tutup Ike.

Shared: