Perkuat Kemampuan Anaisis Data, Mahasiswa Kelas COE Pelajari Aplikasi SPSS

Senin, 03 Juni 2024 05:28 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Sabtu, 1 Juni 2024 – Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan sesi pembelajaran berkualitas dengan mengundang Bapak Dedik Fitra Suhermanto, M. Hub. Int., yang memberikan materi mengenai Data Analytic dengan fokus penggunaan aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dalam penelitian kepada peserta Program Center of Excellence (CoE), khususnya pada Kelas Profesional Analisis Pemerintahan dan Politik.

SPSS merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data statistik,dimana sangat berguna dalam berbagai bidang penelitian termasuk pemerintahan dan politik. Dalam sesi pembelajaran kali ini, Bapak Dedik menjelaskan fungsi-fungsi utama SPSS, diantaranya seperti pengumpulan data, pengolahan data, analisis statistik, hingga interpretasi hasil penelitian.

Selain menjelaskan secara teori, Bapak Dedik juga mengajak mahasiswa untuk langsung melakukan praktik penggunaan SPSS. Mahasiswa diajak untuk mengolah data dari hasil survey yang telah disediakan sebelumnya. Sebelum data diolah menggunakan SPSS, terlebih dahulu data harus dirapikan di Microsoft Excel agar lebih mudah dipetakan nantinya. Setelah itu, data dipindahkan ke dalam aplikasi SPSS. Data yang awalnya hanya berupa tabel dapat diolah dan diinterpretasikan secara visual yang lebih menarik dengan menggunakan aplikasi SPSS.

Praktek penggunaan aplikasi SPSS ini memberikan mahasiswa pengalaman baru yang sangat berharga. Mahasiswa dapat memperdalam pemahaman dan keterampilan dalam mengolah data menggunakan aplikasi SPSS. Terlebih lagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan akan melaksanakan Magang Riset Pemerintahan, sehingga ilmu yang didapat pada sesi kali ini sangat bermanfaat dalam melakukan penelitian nantinya. Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan berharap bahwa Program Center of Excellence (CoE) UMM dapat terus memberikan kontribusi yang positif bagi dunia akademik dan professional di bidang pemerintahan dan politik.

Shared: