PENGEMBANGAN POTENSI DESA MELALUI BUMDES OLEH MENTOR DARI SMART VILLAGE FOUNDATION

Minggu, 02 Juni 2024 22:36 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 1 Juni 2024 Bapak Fathul Yadi, S.Pd., M.M. salah satu mentor dari Smart Village Foundation yaitu lembaga pendidikan dan pelatihan desa wisata dan Bumdesa memberikan materi kepada mahasiswa prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang, khususnya mahasiswa Kelas COE Pemerintahan Desa.

Dalam memberikan materi mengenai bagaimana pengembangan potensi desa melalui Bumdesa. “setiap potensi yang ada di desa dapat dikembangkan” ucap Bapak Fathul Yadi, S.Pd., M.M.

Bumdesa didirikan oleh desa dengantujuan untuk kesejahteraan rakyat. Sebagian besar modal dimiliki oleh desa. Sesuai PP No. 11 Tahun 2021 tentang Bumdesa.

Optimalisasi potensi desa dapat dilakukan dengan program pemberdayaan masyarakat melalui pemasaran dengan penggunaan media sosial dalam mempromosikan produk Bumdesa, penguatan jejaring kemitraan desa wisata, serta penguatan manajemen (SDM) tata kelola desa wisata.

Di dalam mengelola Bumdesa harus memiliki prinsip kesungguhan, skill atau keterampilan, optimalisasi dalam potensi, sinergi untuk kolaborasi, ikut andil dalam kompetisi, serta harus sinkronisasi komunikasi internal dan eksternal untuk memperuat kinerja dan keberlanjutan jangka panjang.

Pemeberian materi juga mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa Karena mereka mendapatkan ilmu yang banyak mengenai pengembangan potensi desa melalui Bumdesa. Yamh bisa mereka jadikan bekal untuk turun lapang nanti

Shared: