Pengabdian Internasional di Penang Malaysia, Dosen IP UMM Sosialisasikan Penguatan Kapasitas Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

Jum'at, 29 Desember 2023 22:03 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Dalam suatu organisasi, pemimpin merupakan orang yang sangat berpengaruh dalam menentukan kesuksesan organisasinya. Pemimpin diibaratkan seperti seorang nahkoda kapal yang harus mampu membawa penumpangnya sampai ke tujuan. Oleh karena itu, seorang pemimpin haruslah memiliki kemampuan yang baik dalam memimpin organisasinya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM dengan melaksanakan pengabdian internasional pada organisasi Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) di Penang, Malaysia. Diketuai oleh Bapak Muhammad Kamil, S.IP., MA., dengan 4 anggota, yaitu Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., Dr. Saiman, M.Si., Shannaz Mutiara Deniar, M.A,  dan Hevi Kurnia Hardini, S.IP., MA. Gov.

Pengabdian internasional ini berlangsung pada 24 – 27 November 2023 dengan mengusung judul “Penguatan Kapasitas Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi pada Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Penang, Malaysia”. Melihat kondisi organisasi PRIM di Penang yang masih butuh banyak masukan dari berbagai pihak.

“Cabang ranting Muhammadiyah itu harus bisa berdaya dengan mencari lebih banyak kader, jangan hanya orang Indonesia saja yang mendominasi organisasi PRIM ini, tetapi juga harus bisa merekrut warga lokal, yaitu Penang ini sendiri, dan diharapkan dapat bermanfaat juga bagi orang sekitarnya”, ungkap Prof. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si.

Dalam mengelola organisasi juga dibutuhkan dana yang cukup agar suatu organisasi dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. “Badan Usaha Muhammadiyah juga harus dibentuk dan kemudian dikembangkan, agar pemasukan yang datang lebih beragam dan tidak hanya mengandalkan satu sumber pendapatan saja”, ungkap Bapak Muhammad Kamil, S.IP., MA., menambahkan.

Diharapkan dari berlangsungnya kegiatan pengabdian internasional ini dapat memeberikan manfaat serta masukan yang baik bagi organisasi PRIM di Penang. Selain itu, juga dapat menjadi wujud implementasi kerjasama intenasional, sekaligus wadah untuk bertukar fikiran dan kebudayaan bagi masing-masing pihak.

Shared: