Pelajari Fungsi Lembaga Legislatif, Mahasiswa IP UMM Magang di DPR RI

Senin, 26 Agustus 2024 19:16 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Jakarta, 26 Agustus 2024 Moh Syarief H salah satu mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang sekaligus peserta Kelas COE Analis Pemerintahan dan Politik memiliki kesempatan untuk magang di salah satu lembaga tinggi negara tingkat legislatif yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). 

Kegiatan magang ini dapat membuka wawasan dan juga pengalaman baru. Yang biasanya hanya mendapatkan materi dan teori dari dosen tentang tugas dan wewenang DPR RI. Kali ini dapat melihat secara langsung bagaimana tugas dan wewenang dalam membentuk undang-undang, pengawasan dan juga anggaran.

“pada minggu pertama magang, saya di minta untuk menganalisis pendapat 9 fraksi yang ada di DPR RI dalam perubahan UU Nomor 19 Tahun 2006 Tentang Dewan Pertimbangan Presiden. Dalam hal ini, saya belajar bagaimana cara menyusun argumen yang kuat dan bagaimana cara menganalisis dengan teliti terkait data untuk mendukung usulan kebijakan tersebut. Magang di DPR RI menjadi salah satu momen paling berharga sekaligus menyenangkan, hal ini tak lepas dari pengalaman yang bisa menyaksikan langsung seluruh alur proses diskusi dan pengambilan keputusan. Pengalaman ini juga mengajarkan saya bagaimana detail dan krusialnya dalam proses legislasi yang ada di DPR RI. Saya juga mempunyai gambaran secara jelas tentang bagaimana DPR bekerja dan menyelesaikan seluruh proses tugasnya dengan baik.” Ungkap Syarief

Syarief juga menyampaikn “Tak hanya itu saja, magang di DPR RI membuat saya menjadi tahu bahwa pentingnya pemahaman mendalam tentang dinamika politik dan pentingnya berkomunikasi serta berdiplomasi untuk bisa menyampaikan informasi yang efektif dalam pembuatan kebijakan yang ada di dalam lingkungan DPR RI yang tentunya juga bisa mempengaruhi kebijakan tersebut hingga tingkat daerah kabupaten/kota.”

Berkat magang ini, saya merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan profesional di bidang politik dan Pemerintahan. Pengalaman tersebut tidak hanya memperluas pengetahuan saya tentang fungsi DPR tetapi juga memberikan keterampilan praktis yang berharga.

Terimakasih Prodi Ilmu Pemerintahan UMM telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan kegiatan magang di DPR RI selama 4 bulan. "Semua ilmu yang sudah saya dapatkan di perkuliahan akan saya praktikkan di tempat magang", pungkasnya. 

Shared: