Pelajari Bagaimana Mengidentifikasi Potensi Desa, Prodi IP Hadirkan Kepala Desa Tulungrejo, Kota Batu

Sabtu, 08 Juni 2024 00:05 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 7 Juni 2024 Bapak Suliono Kepala Desa Tulungrejo memberikan materi kepada mahasiswa prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang mengenai bagaimana perkembangan yang ada di desa. Perlu diketahui Desa Tulung Rejo telah banyak menyabet penghargaan dari berbagai institusi mengenai prestasi dan keberhasilannya dalam mengembangkan potensi desa.

Dalam penyampaianya, Sukiono sapaan akrabnya mengatakan bahwa Kepala desa tidak hanya menjabat sebagai kepala pemerintahan saja, namun juga sebagai kepala adat. Serta harus memiliki kemampuan manajerial yaitu suatu keterampilan di  dalam mengorganisir, memimpin, dan mengelola pekerjaan atau tim.

Permasalahan yang ada pada tingkat desa tidak hanya disebabkan oleh internal desa, namun juga bisa disebabkan oleh permasalahan makro yang ada di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun pemerintah pusat.

Sehingga di dalam penanganan masalah tersebut apabila tidak terjadi keseimbangan maka dapat terjadi sebuah konflik. Oleh karena itu harus ada RPJM-Des untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan prioritas

Kemampuan desa di dalam melaksanakan program pembangunan desa dapat diukur dari ketersediaan anggaran belanja, kewenangan dari desa, dan sumber daya yang ada. Diharapkan dengan penyelesaian masalah sesuai dengan prioritas dapat berjalan secara efektif dan efisien

Selain itu manfaat yang di dapatkan oleh masyarakat adalah mereka mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif di dalam pembangunan desa dan menyampaikan aspirasi mereka.

Shared: