Peduli Kesehatan Mental, Mahasiswa IP Turut Serta dalam Pendampingan Klien Kontrol Bulanan Bersama Dinas P3AP2KB Kota Batu

Senin, 02 Oktober 2023 02:19 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 1 Oktober 2023. Salah satu mahasiswi Ilmu Pemerintahan, yaitu Sofie Maritza Jutanto yang saat ini sedang melakukan kegiatan magang sekaligus penelitian selama 4 bulan di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Batu.

Baginya salah satu kegiatan magang yang paling berkesan adalah ikut serta dalam mendampingi konsultasi korban ke Psikolog. Pendampingan konsultasi terhadap korban ke psikolog ini merupakan kegiatan tindak lanjut yang dilakukan oleh Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan & Anak (P2TP2A) dibawah naungan Dinas P3AP2KB pada setiap laporan yang diterima hingga permasalahan korban tersebut selesai.

“Korban yang didampingi dalam konsultasi ini berasal dari berbagai kalangan usia. Hal itu membuat saya sadar bahwa penyakit mental ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal umur,” tuturnya.

Melalui kegiatan tersebut ia menjadi sadar terkait pentingnya kesehatan mental pada permasalahan yang sedang mereka hadapi.  Oleh karena itu, ia berharap pemerintah setempat dapat lebih tegas dalam menghadapi permasalahan kesehatan mental ini.

“Perlu diadakannya sosialisasi lebih mendalam kepada masyarakat terkait dengan ‘PUSPAGA’ yang merupakan wadah pencegahan, pegaduan, sampai mencari solusi pada setiap permasalahan masyarakat, baik permasalahan rumah tangga, ekonomi, pendidikan, dll. Yang mana nantinya jika ada masalah terkait dengan hukum, maka akan, dirujuk ke P2TP2A agar mendapatkan pendampingan korban hingga permasalahan tersebut tuntas,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap bahwa masyarakat tidak perlu merasa takut untuk melaporkan terkait dengan permasalahan yang sedang mereka hadapi kepada pihak yang lebih berwenang.

Shared: