Optimalisasi Kelas CoE, Prodi IP UMM Lakukan Evaluasi dan Redesain

Minggu, 06 Agustus 2023 00:14 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 5 Agustus 2023. Kelas unggulan atau Center of Excellence (CoE) Prodi Ilmu Pemerintahan UMM telah berjalan selama 1 semester. Kini mahasiswa sedang melakukan magang yang sebelumnya telah dilaksanakan pelepasan secara resmi oleh Dekan FISIP UMM. Berkaitan dengan hal tersebut, maka Prodi Ilmu Pemerintahan UMM melakukan kegiatan evaluasi dan redesain dalam rangka optimalisasi pelaksanaan CoE, baik pada Kelas Analis Pemerintahan Politik maupun Kelas Pemerintahan Desa. Kesempatan ini dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Ir. Damat, MP.,IPM selaku Kepala CoE UMM, Bapak Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si, selaku Dekan FISIP UMM, serta Bapak Muhammad Kamil, S.IP., M.A selaku Kaprodi Ilmu Pemerintahan, bersama dengan seluruh jajaran struktural Program Studi lainnya dan para dosen.

Langkah evaluasi dan redesain ini penting untuk dilaksanakan karena CoE sendiri tentu masih memerlukan pengembangan dan perbaikan guna mengembangkan metode pembelajaran. Bapak Kamil selaku Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan menyampaikan bahwa, “Evaluasi ini dilakukan untuk memperbaiki mutu pembelajaran dan mendukung motto universitas yakni UMM PASTI,”.

Bapak Muslimin selaku Dekan FISIP UMM juga menekankan bahwasannya saat ini tuntutan pengelolaan pendidikan membuat universitas tidak lagi berjalan sendiri-sendiri untuk memenuhi kebutuhan pasar dan masyarakat, oleh karenanya digandenglah mitra guna membimbing kemampuan praktis mahasiswa secara langsung. Hal ini bertujuan untuk memenuhi target, yakni terciptanya lulusan yang bisa diterima oleh pasar atau dunia kerja.

“UMM saat ini tengah mencoba untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, sebagaimana motto dari UMM PASTI yakni pasti lulus dan pasti kerja. Melalui CoE ini pula, UMM mencoba untuk mencapai tujuan kelulusan tepat waktu secara lebih konkret, dari yang semula pendidikan tinggi maksimal 14 semeseter atau 7 tahun, maka harapannya tidak mencapai angka tersebut,” ungkap Dekan FISIP UMM.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Damat selaku Kepala CoE UMM sangat mengapresiasi pelaksanaan CoE yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Pemerintahan dan dengan adanya kegiatan evaluasi dan redesain ini juga menjadi sebuah langkah strategis. Beliau menyampaikan bahwa CoE sendiri merupakan program baru yang tentu masih memerlukan perbaikan.

“Program CoE UMM tentu menginginkan adanya masukan, baik dari segi substantif maupun administratif. Berkaitan dengan perlunya evaluasi dan perbaikan, tujuan akhirnya tidak semata-mata untuk peningkatan soft/hard skill, melainkan juga untuk peningkatan kelulusan dan akreditasi,” pungkas Kepala CoE UMM tersebut. (van/roz)

Shared: