Mewujudkan Mahasiswa Tangguh, Prodi Ilmu Pemerintahan Sambut Mahasiswa Baru Tahun 2023

Kamis, 14 September 2023 10:24 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Kamis, 14 September 2023. Segenap jajaran fungsionaris Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM sambut kehadiran mahasiswa baru Angkatan 2023 melalui kegiatan Pesmaba (Pengenalan Studi Mahasiswa Baru) tingkat program studi. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Bapak Muhammad Kamil, S.IP., MA selaku Kepala Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si selaku Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, serta dihadiri pula oleh jajaran dosen dan staf di lingkungan program studi maupun laboratorium Ilmu Pemerintahan UMM.

Mahasiswa baru Prodi Ilmu Pemerintahan dari angkatan 2023 kali ini berjumlah 99 orang yang sebelumnya telah lolos dari proses seleksi. Tidak hanya mengikuti kegiatan Pesmaba Tingkat Jurusan, sebelumnya mahasiswa juga telah terlebih dahulu mengikuti Pesmaba di tingkat fakultas maupun universitas. Kegiatan ini esensinya memberikan pemahaman tentang budaya akademik kepada mahasiswa baru.

Saat kegiatan Pesmaba, mahasiswa dikenalkan dengan salah satu tagline yakni “UMM PASTI” yang memiliki arti ‘Pasti Lulus Tepat Waktu, Pasti Kerja, Pasti Mandiri’. Keyakinan ini juga lah, yang ditanamkan oleh Prodi Ilmu Pemerintahan UMM pada mahasiswa baru. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi awal perjalanan yang akan ditorehkan mahasiswa dalam menyongsong kehidupan masyarakat.

“Jadi kalau di Prodi Ilmu Pemerintahan ini juga sangat menekankan program ‘UMM Pasti’ sebagaimana yang sebelumnya telah disampaikan oleh Pak Dekan FISIP. Disini mahasiswa diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti berbagai program yang bisa mempercepat kelulusan yakni di semester 7 dan bentuk tugas akhir juga tidak harus berupa skripsi,” ungkap Bapak Kamil selaku Kepala Prodi.

Selain itu, Bapak Kamil juga menyampaikan kepada para mahasiswa baru bahwa penyusunan tugas akhir sudah bisa dimulai sejak semester satu, sebab ide-ide yang dimiliki harus segera untuk dituliskan agar ide yang dimiliki mahasiswa tidak menguap begitu saja.

Mahasiswa baru Prodi Ilmu Pemerintahan UMM diharapkan dapat menjadi Generasi Tangguh yang nantinya memiliki kesiapan dalam menghadapi segala tantangan di masa depan. (van/roz)

Shared: