Menyongsong Akreditasi Internasional, Prodi IP Gelar Workshop Penyusunan Modul of Course Description Berstandar Internasional

Kamis, 12 Oktober 2023 11:14 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 11 Oktober 2023. Program studi Ilmu Pemerintahan selenggarakan workshop penyusunan module or course description berstandar internasional. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Nurul Barizah, LLM., Ph.D dan Dr. Rina Wahyuni Setyaningrum, M.Ed selaku narasumber.

Kegiatan workshop ini dilakukan sebagai bentuk persiapan yang dilakukan program studi Ilmu Pemerintahan untuk melakukan akreditasi internasional. Kemudian, beberapa program studi lain diantaranya Hubungan Internasional, Sosiologi, dan Kesejahteraan Sosial turut hadir dalam kegiatan workshop penyusunan modul of course ini.

Dalam kegiatan workshop ini Dr. Rina Wahyuni Setyaningrum, M.Ed menekankan beberapa hal terkait penyusunan modul yang berstandar internasional. “modul of course harus disediakan oleh program studi masing masing, ada beberapa dokumen yang harus disesuaikan dengan format yang diberikan FIBAA jika ingin melakukan akreditasi internasional”. “adanya mahasiswa asing di tiap program studi dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian akreditasi,” ungkap narasumber.

Prof. Nurul Barizah, LLM., P.hD menambahkan bahwa “ beberapa aspek yang dinilai dalam akreditasi internasional antara lain visi dan misi program studi, tujuan, kurikulum, proses pembelajaran, fasilitas, sumber daya manusia, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerjasama, lulusan dan dampak sosial”. “modul of course ini sebagai parameter dalam melakukan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan standar internasional agar mampu menggambarkan tujuan yang akan dicapai secara jelas,” pungkas narasumber.

Dalam pendampingan penyusunan modul dan course description diharapkan masing-masing program studi dapat menyiapkan modulnya dengan baik agar hasil yang diperoleh nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Shared: