Menyoal Kaesang dan PSI: Antara Representasi Pemuda atau Kepentingan Politik

Rabu, 01 November 2023 17:52 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 1 November 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM kembali selenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community pada minggu ke-enam. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, bertujuan untuk merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023, serta dibimbing secara langsung oleh dosen, yakni Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si.

Bertindak sebagai pemantik diskusi, yakni kelompok presenter dari angkatan 2022 yang berjumlah delapan orang. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Menyoal Kaesang dan PSI: Antara Representasi Pemuda atau Kepentingan Politik”. Tema tersebut berkaitan dengan isu aktual yang tengah ramai dibahas berkaitan dengan manuver politik menuju pemilu 2024.

Pertemuan yang mengkaji tentang realita pemuda sebagai ketua umum partai ini, secara teknis berbentuk kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan materi dan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“PSI tengah menjadi sorotan publik sebab baru saja mengangkat Kaesang putra dari Presiden Jokowi menjadi ketua umumnya, hal ini menimbulkan banyak perdebatan dari berbagai kalangan. Kepentingan politik dianggap menjadi faktor utama terpilihnya Kaesang menjadi ketua umum PSI. Kendati demikian, ini dapat merepresentasikan anak muda dalam dunia politik. Namun, diisisi lain muncul pemikiran terkait adanya kepentingan politik, mengenai pernyataan Kaesang bahwa privilege itu selalu ada,” ungkap pemantik.

Melalui forum diskusi terbangun argumentasi dari mahasiswa bahwasannya respon dalam pengangkatan Kaesang ini menjadi pertanyaan besar pada publik, apakah itu merupakan kepentingan pemuda atau kepentingan politik. Hal ini dikarenakan proses politik yang dianggap tidak biasa dan terlalu cepat. Namun, ada dampak positifnya yaitu dengan hadirnya puluhan pemuda untuk mendaftar PSI akan melahirkan pelaku politik generasi baru. (van/roz)

Shared: