Mengkaji Utopia Masyarakat Madani dalam Pusaran Arus Krisis Kepemimpinan Transformatif

Kamis, 23 November 2023 21:47 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 23 November 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community pada minggu ke delapan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, bertujuan untuk merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023.

Bertindak sebagai pemantik diskusi, yakni kelompok presenter dari angkatan 2022 yang berjumlah lima orang. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Utopia Masyarakat Madani dalam Pusaran Arus Krisis Kepemimpinan Transformatif”. Tema tersebut dipilih guna mengkaji tentang realitas kepemimpinan di tengah situasi masyarakat madani.

Pertemuan yang mengkaji tentang arus krisis dalam sistem kepemimpinan transformatif ini, secara teknis berbentuk kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan materi dan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Masyarakat madani merupakan masyarakat yang beradab dan setara dengan civil society. Adanya ide kepemimpinan transformative di tengah masyarakat madani merujuk pada sekumpulan atribut yang muncul pada kondisi interaksi antara pemimpin dengan yang dipimpin, utamanya dalam upaya memanfaatkan suberdaya untuk mencapai tujuan tertentu.,” jelas pemantik.

Melalui forum diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa dengan simpulan bahwasannya, kepemimpinan transformtif yang dimaksud ialah kepemimpinan yang memiliki kemampuan untuk mengubah, memotivasi dan mengoptimalkan potensi masyarakat, serta mempertahankan nilai untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, maka pemimpin yang baik dan transformatif tentu dapat mewujudkan masyarakat madani yang baik pula. (van/roz)

Shared: