Mengkaji Permasalahan Stunting dan Respon Kebijakan Pemerintah

Kamis, 19 Oktober 2023 17:51 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 18 Oktober 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM selenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community pada minggu ke-empat. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, dilakukan dalam rangka merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023, serta dibimbing secara langsung oleh para dosen, yakni Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si dan Ibu Umi Kulsum, S.IP., M.IP.

Adapun yang bertindak sebagai pemantik diskusi yakni kelompok presenter dari angakatan 2022 yang berjumlah delapan orang. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Stunting di Lumbung Pangan: Respon Kebijakan Pemerintah”. Tema tersebut sesuai dengan isu sosial-politik di Negara Indonesia saat ini.

Pertemuan yang mengkaji tentang polemik mengenai kebijakan penanganan stunting tersebut, berupa kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Ketersediaan pangan menjadi sangat penting, kaitannya dengan kebutuhan asupan bagi bayi agar tidak mengalami stunting. Bahkan, kekurangan asupan gizi ini bisa terjadi sejak bayi masih di dalam kandungan karena ibu tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Pemerintah Indonesia merespon ketersediaan pangan melalui kebijakan food estate. Namun, kebijakan ini dinilai kurang berhasil,” ungkap pemantik.

Melalui diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa, bahwasannya penanganan stunting melalui kebijakan proyek food estate menimbulkan pro dan kontra, sebab adanya proyek food estate demi menyediakan ketersediaan pangan ternyata dapat menimbulkan kerusakan pada alam dan lingkungan. (van/roz)

Shared: