Menganalisis Situasi Potensi dan Permasalahan Desa Berbasis Kelas COE

Rabu, 15 Maret 2023 22:47 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 15 Maret 2023.  Prodi IP menggelar kuliah tamu dengan mengangkat tema “Analisis situasi potensi Desa dan permasalahan Desa”. Tema ini diangkat sebagai bentuk kepekaan terhadap desa yang seringkali diabaikan potensi dan permasalahannya.  Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa angkatan 2020 yang tergabung didalam kelas unggulan pemerintahan Desa atau program Center of Exellence (CoE), pada kuliah tamu tersebut Kepala Desa Bumiaji yaitu Bapak Edi Suyanto hadir sebagai pemateri.

 

Dalam kuliah ini, Kepala Desa Bumiaji menjelaskan potensi-potensi yang ada di Desa Bumiaji yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan Desa serta turut menjelaskan apa saja permasalahan yang ada di Desa Bumiaji yang dapat mengganggu perkembangan potensi-potensi Desa. Kepala Desa Bumiaji menjelaskan bahwa permasalahan yang ada di Desa Bumiaji itu sama dengan permasalahan yang ada di desa lain, permasalahan nya terletak pada SDM yang kurang memadai sehingga potensi-potensi yang ada di Desa tidak dapat dimaksimalkan dengan baik.

Materi kali ini sangat mendapatkan respon positif dari mahasiswa, terbukti dengan jalannya diskusi intelektual oleh mahasiswa untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada di Desa sehingga mampu memanfaatkan potensi Desa dengan maksimal.

Shared: