Memperkuat SDM dalam Menganalisis Potensi dan Masalah Desa, Prodi IP Gelar Kuliah Tamu

Senin, 13 Maret 2023 00:11 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 9 Maret 2023. Untuk membekali mahasiswa sebagai sember daya pemerintah masa depan yang mampu menjawab tantangan zaman, Prodi Ip gelar kuliah tamu dengan tema “Analisi situasi dan Identifikasi pemerintahan Desa”. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa angkatan 2020 yang tergabung dalam program Center of Excellence (CoE) atau kelas unggulan Pemerintahan Desa, menghadirkan dua Narasumber yang telah berkecimpung di dunia pemerintahan yaitu Bapak Suliono yg menjabat sebagai Kepala  desa Tulung rejo dan Bapak Aditya Prasaja, S.STP., M.AP selaku Kadis DP3AP2KB Kota Batu.

Dalam kuliah tersebut keduanya menjelaskan darimana saja dana daerah didapatkan dan bagaimana penggunaan APBDES yang harus didasari oleh hasil-hasil MUSDES, MUSDUS dan MUSREBANG. Menurut keduanya pengeksekusian dari APBDES harus berpegangan pada pengaruh lingkungan sosial dan pemetaan potensi daerah agar penggunaannya tidak salah sasaran, keduanya juga menjelaskan bahwa ketika suatu desa memiliki permasalahan yg kompleks, maka desa harus mempunyai skala prioritas berdasarkan permasalah bersama dan menyangkut hajat hidup banyak orang. Selain itu, Narasumber juga  menjelaskan bagaimana proses pembuatan Laporan pengkajian Keadaan desa, kemudian Mahasiswa diminta untuk langsung mencoba membuat Laporan pengkajian keadaan Desa secara berkelompok.

Kegiatan kuliah tamu juga mendapat respon positif dari mahasiswa, hal ini terlihat dari antusias mahasiwa dalam mencoba membuat Laporan dengan kelompoknya masing-masing yang di pantau langsung oleh narasumber. Pada akhir perkuliahan setiap kelompok telah berhasil menghasilkan satu contoh laporan pengkajian keadaan Desa

Shared: