Memaknai Hari Pahlawan Menurut Milenial: Begini Tanggapan Mahasiswa IP UMM

Jum'at, 10 November 2023 11:37 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 10 November 2023. Tepat pada hari ini tanggal 10 November 2023 diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan menjadi momentum untu mengenang kembali perjuangan para Pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari Indonesia. Tanggal Hari Pahlawan Nasional sendiri merujuk pada puncak perlawanan Rakyat Indonesia pada Pertempuran Surabaya yang pecah pada 10 November 1945. Dalam memperingati Hari Pahlawan tentunya, tak lepas pula dari pendapat generasi muda, yang dimana kita tau bahwa mereka yang nantinya akan melanjutkan semangat juang dari para pahlawan. 

Salah satu mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 bernama Jemmy Kurniawan atau yang kerap disapa dengan Jemmy mengatakan bahwa “Makna dari Hari Pahlawan sendiri adalah sebagai hari peringatan untuk menghargai pengorbanan dan dedikasi para pahlawan yang berjuang demi kebebasan, kemajuan negara serta menumbuhkan citra dalam bangsa kita yang penuh dengan lika liku luar biasa yang digiring perjuangan oleh para pahlawan hingga merdeka”

Selain itu menurut Jemmy, generasi muda saat ini dapat mengenang masa-masa perjuangan dengan melakukan langkah-langkah konstruktif. Pertama, mereka dapat memperdalam pemahaman tentang sejarah perjuangan bangsa melalui karya sastra, dokumenter, atau kunjungan museum. Selain itu, partisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan dapat memperkuat rasa memiliki dan cinta tanah air. Generasi muda juga dapat memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan informasi sejarah dan melawan nilai-nilai  melalui media sosial atau proyek online yang mendukung pendidikan sejarah. Mendorong perdebatan terbuka mengenai nilai-nilai nasionalisme, keadilan, dan persatuan juga merupakan cara yang efektif untuk mengingat perjuangan dan menerapkannya dalam konteks kekinian.

“Pentingnya mengedepankan nilai-nilai seperti patriotisme, tanggung jawab sosial dan kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan pada generasi muda saat ini. Keterlibatan mereka dalam kegiatan sosial, pendidikan sejarah dan proyek kemanusiaan dapat memberikan pengalaman nyata atas kontribusi positif mereka kepada masyarakat. Menginspirasi mereka dengan kisah-kisah pahlawan lokal dan global juga dapat meningkatkan rasa identitas dan tanggung jawab mereka terhadap bangsa dan dunia.” Menurut Jemmy . "Kita tidak harus berperang mengangkat senjata dalam mengikutsertakan atau menghargai pahlawan tetapi kita harus rasional belajar dan berevolusi untuk persiapan menjadi generasi2 pemimpin bangsa ini" Tambahnya.

Poin penting yang disampaikan oleh Jemmy untuk Hari Pahlawan adalah “Kekuatan dan warisan pahlawan sekarang adalah kita sendiri”

Shared: