Memaknai Arti Sumpah Pemuda, Begini Kata Gen-Z

Minggu, 29 Oktober 2023 01:18 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 28 Oktober 2023. Tepat pada hari ini tanggal 28 Oktober 2023 merupakan Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-95. Peringatan Sumpah Pemuda sendiri tentunya identik dengan Muda-Mudi Indonesia atau generasi milenial saat ini. Makna Sumpah Pemuda sendiri tentunya secara kesejahteraan tidak akan diupakan. Namun tentunya waktu demi waktu, budaya serta keadaan yang begitu cepat berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Tentunya akan muncul pertanyaan, bagaimana kita memaknai Sumpah Pemuda di era milenial saat ini?

Tentunya untuk Bangsa Indonesia, kita berharap dari generasi ke generasi saat ini dapat memaknai arti sumpah pemuda dengan baik sesuai denga cita-cita leluhur kita yang merupakan penggagas dari lahirnya semangat pemuda dalam persatuan dan kesatuan. Sumpah Pemuda tidak bisa diartikan hanya sekedar sebagai kebiasaan serta perayaan tahunan, namun harusnya dapat merefleksikan semangat perjuangan para pemuda yang pada saat dulu berjuang memegang tombak untuk meraih kemerdekaan. Salah satu perjuangan Pemuda saat ini yaitu menjaga keutuhan serta persatuan dan kesatuan, karena tentuya di era globalisasi seperti sekarang, rasa persatuan dan kesatuan tersebut bisa saja mengikis nilai persaudaraan, jika dari diri kita sendiri tidak mampu untuk memanfaatkan teknologi dengan benar serta kurang adanya rasa toleransi untuk menerima perbedaan yang ada.

“Momentum Sumpah Pemuda yang telah mempersatukan seluruh aspek bangsa tidak hanya pemuda saja, namun dari seluruh aspek mulai dari suku, ras, maupun agama. Dalam hal persatuan itu kegiatan hal-hal yang kecil seperti saling menghargai ataupun saling menghormati antar sesama.” Menurut Gunadi Mahasiswa IP UMM angkatan 2021.

Selain itu Devina Mahasiswa IP UMM angkatan 2021 menambahkan apabila salah satu tokoh publik yang menjadi panutannya yaitu Maudy Ayunda, karena menurut Devina Maudy Ayunda merupakan salah satu sosok muda tokoh publik wanita yang mengenyam pendidikan setinggi mungkin untuk mendapatkan kualitas pendidikan hinga menuntut pendidikan sampai ke negeri seberang. Menurutnya hal yang dapat dilakukan oleh pemuda Indonesia saat ini yaitu meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga dapat meningatkan inovasi serta kreatifitas dalam diri Pemuda Indonesia.

Gunadi juga menambahkan 1 kata untuk Sumpah Pemuda saat ini yaitu “Dari Pemuda Untuk Ujung Tombak Bangsa Indonesia”

Shared: