MBKM DI PEMERINTAH DESA, MENGAPA TIDAK? PENGALAMAN MAHASISWA MBKM PRODI IP MAGANG DI DESA BULUKERTO

Jum'at, 27 September 2024 02:14 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Batu, 27 September 2024 Yasmine Zulfa Almadhea mahasiswa prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang yang terpilih sebagai salah satu peserta magang riset pemerintahan yang berkesempatan magang di salah satu lembaga desa yang ada di Kota Batu yaitu Desa Bulukerto.

”pada minggu pertama magang, saya di minta untuk membuat surat keterangan usaha, namun membuat surat tersebut bukanlah hal yang sulit, sebab dalam website Desa Bulukerto saya tinggal memasukkan nomer Induk penduduk warga yang ingin buat surat, setelah itu tidak butuh lama surat langsung jadi. Tentu hal ini membuat lebih efektif dan efisien.” Ucap Yasmine

Selanjutnya kegiatan yang saya ikuti adalah musyawarah perencanaan desa (Musrenbang), disini saya dapat melihat secara lansung bagaimana proses a making decision antara masyarakat dan kepala desa atau Government dengan sociaty. Terkait rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi pokok pembahasan dengan menyerap aspirasi dan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan.

Pada kegiatan ini saya tidak hanya sekedar melihat saja, namun ikut membantu kepala desa dalam menganalisa dan menyusun argumen agar keputusan dapat diterima. Melalui proses ini saya mendapatkan pembelajaran dan juga pengalaman pentingnya mendengar aspirasi masyarakat, mempertimbangkan berbagai sudut pandang, dan menyelaraskan kebijakannya.

Berkat magang ini, saya merasa siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan dan hambatan dalam bidang Politik dan Pemerintahan. Pengalaman ini telah memberikan wawasan yang sangat berharga bagi. Apabila desa dibiarkan dan tidak dipedulikan jangan pernah berharap bahwa negara ini akan maju.

Terimakasih Prodi Ilmu Pemerintahan UMM telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan kegiatan magang di Desa Bulukerto selama 4 Bulan. Kepada semua dosen Ilmu Pemerintahan UMM terimakasih atas teori yang diberikan di dalam kelas sebab Ilmu yang selama saya pelajari dalam kelas sangat membantu di tempat Magang.

Shared: