Mahasiswa Prodi IP UMM Terlibat dalam Pendampingan Pemilihan Aba Ambo (Duta Pariwisata) Kotawaringin Barat 2023

Sabtu, 07 Oktober 2023 11:36 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 7 Oktober 2023. Stevania Halim atau yang kerap disapa dengan nama Vania, merupakan salah satu Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan angkatan 2020 yang sedang melaksanakan Program Magang selama empat bulan. Saat ini Vania sedang magang di Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam kegiatan magangnya, ia juga melaksanakan penelitian untuk Skripsi yang di tulisnya. Selama magang vania ditempatkan di  tiga bagian, yaitu di bagian sekretariat, bidang pemasaran dan bidang pengembangan.

Berbagai kegiatan serta pengalaman yang didapatkan oleh Vania selama magang. Adapula tugas-tugas yang dikerjakan yaitu membantu administrasi terkait surat menyurat serta mendistribusika surat SPT SPDD ataupun surat penting dari kepala dinas. Tugas yang diberikan juga termasuk membantu Kepala Subbagian Umum untuk mempersiapkan rapat-rapat penting yang dilaksanakan di aula kantor Bupati. Selain membantu di bidang kesekretariatan, ia juga terlibat dalam pendampingan pelatihan finalis Aba Ambo. Pemilihan Aba Ambo pun dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat dengan maksud adanya Duta Pariwisata Kotawaringin Barat 2023 sebagai bentuk dalam meningkatkan promosi pariwisata alam aaupun buatan milik Kotawaringin Barat.

 “Untuk dibidang pemasaran dan bidang pengembangan saya hanya di tugaskan masing-masing dua minggu. Di bidang pemasaran sempat terlibat dalam mendampingi finalis aba ambo untuk latihan tari daerah serta catwalk untuk malam unjuk bakat dan grand final. Selain itu juga sempat ikut menyusun RKA dan renja rinci bidang pemasaran tahun 2024.” menurut penjelasan dari Vania. “Di bidang pengembangan sendiri saya sempat ikut melakukan perjalanan dinas terkait pelaksanaan penetapan daya tarik wisata di Kecamatan Pangkalan Banteng, serta membantu pengisian identifikasi daya tarik wisata di beberapa wisata alam atau buatan di Kotawaringin Barat.” tambah Vania.

Vania juga menuturkan apabila pengalaman magang di Dinas Pariwisata Kotawaringinn Barat merupakan pengalaman serta pembelajaran yang sangat berarti dan berharga baginya. Dari program magang tersebut vania mengakatan jika ia telah mendapatkan gambaran bagaimana sistem bekerja di pemerintahan secara nyata, serta mendapatkan pandangan terkait bagaimana dalam menyusun masa depan setelah ini.

Shared: