Mahasiswa Prodi IP UMM Terlibat dalam ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) di NCB-Interpol Indonesia

Sabtu, 09 September 2023 18:07 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 7 September 2023. Libur semester genap menjadi kesempatan bagi salah satu Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Angkatan 2021, yakni Rifki Muhammad untuk melaksanakan magang mandiri di Divisi Hubungan Internasional Polri atau NCB-Interpol Indonesia. Ia melaksanakan magang mandiri tersebut, terhitung mulai tanggal 17 Juli 2023 sampai dengan 15 September 2023 mendatang.

“Tempat magang yang saya pilih untuk mengisi waktu liburan kali ini, tentunya didasari oleh keinginan saya pribadi untuk mengetahui bagaimana korelasi lembaga kepolisian khususnya dengan pemerintah luar negeri terkait tindakan-tindakan pidana yang terjadi,” ungkapnya.

Saat melaksanakan magang mandiri, Rifki ditempatkan di Bagian Perencanaan dan Administrasi selama satu bulan awal. Selanjutnya, ia ditempatkan di bagian Set-NCB Interpol sebagai SPRI Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigjen Pol Amur Chandra J.B, S.H., M.H. Adapun tugas utama yang diberikan yaitu mengelola administrasi yang berkaitan dengan Set-NCB Interpol.

“NCB-Interpol ini biasanya menjadi langganan mahasiswa Hubungan Internasional, namun ternyata bisa menjadi kesempatan bagi saya untuk dapat menjadi bagian dari mahasiswa magang disini. Tentunya kesempatan ini saya gunakan untuk mempraktikkan teori yang telah diberikan di kampus dan menjadi sumber informasi soal bagaimana hubungan Indonesia dengan pemerintah luar negeri terkait tindakan pidana yang terjadi, terutama yang menyangkut dengan WNI atau WNA,” tambahnya.

Rifki juga menuturkan bahwa ketika melaksanakan magang mandiri di NCB-Interpol Indonesia, ia dapat sekaligus memaksimalkan kesempatan untuk dapat mewawancarai tokoh yang bersangkutan dengan data riset yang ia perlukan untuk penelitian. Tidak berhenti disitu saja, ia juga terlibat dalam project yang dilaksanakan oleh NCB-Interpol yakni ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC).

“Tempo hari ada kegiatan AMMTC, berupa pertemuan negara-negara di ASEAN untuk membahas kejahatan lintas negara/transnasional crime, kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah dan diselenggarakan di Labuan Bajo. Acara ini tentu diselenggarakan oleh Interpol. Meskipun saya tidak ikut ke Labuan Bajo secara langsung, namun saya terlibat dalam berbagai persiapan administratif yang bisa dibilang sangat hectic, mengingat saya bertugas sebagai asisten Pak Sekretaris Divhubinter,” pungkas Rifki.

Magang mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa angakatan 2021 ini, tentu mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Prodi Ilmu Pemerintahan UMM. Inisiatif mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang mandiri dapat menjadi sebuah kesempatan bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk lebih berkembang. (van/roz)

Shared: