Mahasiswa Kelas COE Analis Pemerintahan dan Politik Magang di Ombudsman RI

Minggu, 11 Agustus 2024 04:53 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Jakarta,11 Agustus 2024 Muhammad Mursid Salmi, mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan  Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2021 yang juga mengikuti Center Of Excellence Kelas Analis Pemerintahan dan Politik, memiliki kesempatan Program Magang berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) tersebut untuk melakukan magang di Ombudsman RI, Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu dari bulan Juli hingga berakhir di bulan November  2024.

Magang menjadi salah satu kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan yang sangat dibutuhkan ketika nanti berada di dunia kerja. Memiliki kesempatan untuk melaksanakan program magang di Jakarta terutama pada lembaga independen yaitu Ombudsman menjadi impian sebagian mahasiswa. Selain mengikuti program magang, mereka berkesempatan untuk mengenal apa itu lembaga Ombudsman dan Bagaimana dalam proses menindak laporan masyarakat. Maka dari itu, hal ini menjadikan Mursid sebuah alasan untuk memotivasi diri nya dalam melaksanakan program magang di Jakarta dengan kesempatan belajar dengan lingkup yang lebih luas lagi, dan mengetahui bagaimana pemerintahan pusat khususnya Ombudsman RI dalam mengatasi pratek Maladministrasi dan pengaduan masyarakat di berbagai daerah Indonesia.

Mursid menceritakan bagaimana proses seleksi hingga peneriman magang di Ombudsman Ri dilakukan secara nasional dan terbuka untuk siapa saja. Hal pertama yang dilakukan adalah mengirimkan sebuah email yang ditujukan kepada Ombudsman RI untuk mengetahui apakah terdapat lowongan internship untuk mahasiswa, kemudian setelah itu pihak  Ombudsman RI akan memberikan syarat hingga prosedur yang diperlukan untuk mendaftar dan apa saja yang harus di ketahui tentang Ombudsman bagi mahasiswa yang ingin mendaftar magang disini.

“Saya melakukan tahap seleksi selama 2 kali, yaitu seleksi  interview dengan pihak Ombudsman RI dan seleksi kelengkapan berkas-berkas mulai dari transkip nilai, materai, dan surat prodi. Tidak lama dari itu, pengumuman kelulusan dan penerimaan magang disampaikan oleh pihak intansi Ombudsman melalui email.”, tutur Mursid

Magang di Ombudsman memberikan pengalaman yang sangat baru terhadap Mursid. Dengan ditempatkan pada Divisi Administrasi, ia sering kali ikut serta dalam kegiatan yang berhubungan dengan Administrasi pelaporan masyarakat yang terjadi di berbagai daerah Indonesia. Dalam program magang di Ombudsman, Mursid mendapatkan banyak sekali hal positif seperti banyak kenal dengan perserta magang lainnya dari berbagai kampus yang ada, kemudian pengimplementasian teori Pelayanan Publik  yang telah dipelajari sewaktu berkuliah di Prodi Ilmu Pemerintahan UMM juga menjadi goals Mursid dalam pelaksanaan magang ini. Mursid juga sangat beruntung  karena memiliki kesempatan untuk bertemu dan mengenal tokoh-tokoh penting yang ditemui di Ombudsman RI. Mursid  berharap, teman-teman IP angkatan 2021 bisa terus berjuang untuk mencapai cita-cita nya dan berani mengambil keputusan yang besar dalam menuju kesuksesan.

“Untuk teman-teman mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, semangat terus untuk belajar dan semoga apa yang kita lakukan dan bermanfaat untuk ke hal positif  kedepannya.” Pesan Mursid

Shared: