Mahasiswa IP UMM Terlibat dalam Proses Reses di DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku

Jum'at, 22 September 2023 03:21 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 22 September 2023. Prodi Ilmu Pemerintahan UMM selalu memfasilitasi mahasiswanya untuk dapat memperoleh ilmu pengetahuan serta pengalaman praktis dengan seluas-luasnya. Salah satunya, dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang di berbagai daerah, termasuk di wilayah Indonesia Bagian Timur yakni pada Provinsi Maluku.

Adapun salah satu mahasiswi yang saat ini tengah melakukan magang sekaligus penelitian di Provinsi Maluku yakni Ramla A. Rumbalifar dari Angkatan 2020. Ia melaksanakan kegiatan magang lebih tepatnya di DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur.

Saat pelaksanaan magang berlangsung, ia mendapatkan jobdesc untuk membantu berbagai pekerjaan pada Komisi B (Bidang Keuangan). Secara spesifik, ia terlibat dalam berbagai agenda besar, diantaranya; Persiapan Reses, Pelaksanaan Reses, Pembuatan Laporan Reses hingga Penyusunan APBD.

“Pada saat magang, saya dapat belajar secara langsung terkait bagaimana dinamika kerja di DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur, baik saat mengikuti persidangan komisi hingga sidang paripurna. Selain itu, saya juga dilibatkan dalam proses Reses hingga penyusunan APBD,” ungkap Ramla.

Ini tentu menjadi pengalaman praktis yang sangat berharga bagi mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMM. Banyak pembelajaran dari sisi praktis yang diperoleh mahasiswa selama kegiatan magang berlangsung dan tentunya menjadi tantangan yang memiliki kesan tersendiri.

“Magang di DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur rasanya sangat berkesan bagi saya, karena disini saya diajarkan secara spesifik terkait hal-hal teknis hingga bagaimana proses-proses yang dilakukan dalam menyusun kebijakan. Selain itu, saya juga merasa terkesan karena magang di daerah yang memegang prisip persaudaraan, jadi rasanya betul-betul seperti keluarga.” pungkasnya. (van/roz)

Shared: