Mahasiswa IP Mengikuti Pelatihan Pengelolaan Home Stay Di Desa Wisata Pujon Kidul

Kamis, 10 September 2020 13:40 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Home Stay di Pujon Kidul. (Foto: Istimewa)

Malang, 10 September 2020. Dalam rangka meningkatkan daya saing pariwisata di Kabupaten Blitar, Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Diparbudpora) Kabupaten Blitar mengelar pelatihan manajemen homestay bersama seluruh Staf Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Blitar agar usaha ekonomi para pelaku wisata yang terdampak pandemic covid-19 kembali menguat. Pelatihan yang di gelar mulai Senin-Rabu 30 agustus hingga 2 September 2020 ini di ikuti oleh sekitar 50 orang pengelola jasa usaha homestay dan penginapan yang di laksanakan di Kampung Wisata Ekologis Puspsa Jagad, Desa Semen, Kecamatan Gandusari  Kabupaten Blitar. Pelatihan manajemen tata kelola homesyat ini merupakan salah satu upaya Pemkab Blitar guna menguatkan kembali sector pariwisata di era new normal

Harapannya pelatihan yang sedang dilakukan ini mampu mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blitar khususnya bagi pelaku usaha sector pariwisata di Kabupaten Blitar. Pengelolaan homestay dan penginapan perlu terus meningkatkan kualitas pelaynan yang di dukung sumber daya manusia (SDM) yang memadai sehingga penerapan protocol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19 dilakukan secara baik sehingga perekonomian di sector parwiwisata beranggsur pulih kembali.

Pelatihan homestay di Desa Wisata Pujon Kidul ini juga diharapakan bagi pengelola homestay di Kabupaten Blitar dapat menerapkan ilmu yang diperoleh sehingga bisa menjadi sarana awal untuk membangkitkan sector ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Blitar. Saat ini tingkat keberhasilan pariwisata tidak hanya diukur dari jumlah kunjungan wisata saja, akan tetapi juga beberapa lama rata-rata wisatawan tinggal dan menginap di daerah tersebut.

Shared: