Mahasiswa IP Berhasil Tembus Publikasi Internasional dan Nasional

Kamis, 09 Juli 2020 05:26 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Riko Ratna Setiawan. (Foto: Istimewa)

Kabar membahagiakan datang dari Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM. Sebanyak 10 karya ilmiah mahasiswa tembus di beberapa jurnal di Thailand yang terindeks Tier 2 oleh TCI (Thai-Journal Citation Index Center). Perlu diketahui TCI adalah lembaga pengindeks karya ilmiah yang menentukan kualitas publikasi yang dihasilkan oleh sebuah jurnal. Di Indonesia, TCI ini seperti SINTA, hanya saja TCI ini lebih ‘senior’.  Kesepuluh mahasiswa yang lolos di jurnal Tier 2 ini merupakan sebagian dari mahasiswa yang mengikuti Student Exchange Program di Khon Kaen University, Thailand. Hal ini merupakan wujud dari upaya internasionalisasi prodi IP yang telah diawali sejak tahun 2016 lalu.

Muhammad Kamil, S.IP.,M,A mengucapkan bangga dan mengapresiasi penuh apa yang diraih oleh 10 mahasiswa tersebut. Perlu diketahui juga 10 mahasiswa tersebut merupakan bagian dari program pertukaran mahasiswa antara IP UMM dengan COLA, Khon Kaen University, Thailand.
Salah satu mahasiswa bernama Riko menjelaskan bahwa proses penulisan ini berlangsung lama, mulai dari proses bimbingan oleh dosen IP UMM dengan dosen COLA, selanjutnya tahap submit, revisi, hingga berhasil publish.

Nurliza Fatimah (Foto: Istimewa

Kamil juga menjelaskan selain jurnal internasional dalam waktu yang bersama mahasiswa IP berhasil publish artikelnya di Jurnal nasional dan mungkin dalam beberapa waktu kedepan akan lebih banyak artikel mahasiswa IP yang berhasil publish di beberapa jurnal. ia menambahkan bahwa prodi IP selalu memberikan motivasi dan dorongan secara ide kepada semua mahasiswa untuk terus menggerakkan gerakan literasi,khususnya penulisan artikel ilmiah.

Shared: