Enam Mahasiswa COE IP UMM Magang di PT Sinergi Visi Utama Yogyakarta dan Smart ID Malang

Kamis, 10 Agustus 2023 03:32 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 10 Agustus 2023. Prodi Ilmu Pemerintahan UMM selalu memfasilitasi mahasiswanya untuk dapat memperoleh ilmu pengetahuan serta pengalaman praktis dengan seluas-luasnya. Salah satunya, dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang pada sektor swasta atau non-gov yang bergerak di bidang consulting. Kesempatan ini tentunya memberikan gambaran bagi mahasiswa terkait bagaimana mekanisme di dunia kerja, terutama bidang konsultan pemerintahan.

Adapun mahasiswa yang tengah melakukan magang di sektor non-gov ini antara lain; di PT. Sinergi Visi Utama Yogyakarta terdapat 3 orang mahasiswa (Adinda Salsabilla, Lailathul Indra Sari, Rathri Dita Efendi) serta di Smart ID Kota Malang terdapat 2 mahasiswa (Dimas Fahmi Rizalqi, Lubna Syaugina).

Saat pelaksanaan magang berlangsung, mahasiswa mendapatkan jobdesc untuk membantu berbagai pekerjaan pada Bidang Riset hingga Tata Kelola Pemerintahan. Secara spesifik, mahasiswa tergabung dalam beberapa project, diantaranya; Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan, Evaluasi Kelembagaan Pemerintah Provinsi Lampung, Pengerjaan SOP Papua Barat, serta Penyusunan Analisa Corporate Social Responsibility (CSR) Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Pada saat magang, kami bisa secara langsung mempraktikkan pengetahuan yang dipelajari di dalam kelas dan ikut terlibat dalam pekerjaan bersifat teknis. Contohnya di dalam kelas kami mempelajari tentang apa itu RENJA, RPJMD. Kemudian di tempat magang, kami secara langsung dapat terlibat dalam proses penyusunannya,” ungkap Dimas, salah satu mahasiswa magang di Smart ID Kota Malang.

Ini tentu menjadi pengalaman praktis yang sangat berharga bagi mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMM. Banyak pembelajaran berharga yang diperoleh mahasiswa selama kegiatan magang berlangsung dan tentunya menjadi tantangan yang memiliki kesan tersendiri.

“Sistem kerja di instansi non-pemerintahan cukup ketat dalam proses pengerjaan setiap project yang ada dan waktu pengerjaan diatur berdasarkan dengan deadline yang telah ditentukan, harus siap bekerja di dalam tekanan apapun kondisinya” pungkas Lailathul, mahasiswa magang di PT. Sinergi Visi Utama Yogyakarta. (van/roz)

Shared: