Magang di DPR-RI Ala Mahasiswa CoE Kelas Analis Pemerintahan dan Politik

Jum'at, 28 Juli 2023 18:33 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 25 Juli 2023. Salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan dari Kelas Center of Excellence (CoE) Bidang Analis Pemerintahan dan Politik, bernama Alzena Firyal Yusandhi melakukan kegiatan magang sekaligus penelitian selama empat bulan di DPR-RI (Jalan Gatot Subroto, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta). Selama kegiatan magang berlangsung, ia ditempatkan di bagian Fraksi. Adapun tugas-tugas yang biasa dikerjakan oleh Alzena yakni membantu menyiapkan data-data dan dokumen yang dibutuhkan terkait dengan keperluan Fraksi ditambah dengan Komisi.

Magang di DPR-RI merupakan pengalaman dan kesempatan yang sangat berharga bagi Alzena. Walaupun terasa berat, namun ia tetap menikmatinya. Alzena menuturkan bahwa, “Magang disini terasa cukup berat, tapi saya menikmatinya, padahal tugas yang dilimpahkan pada saya belum ada setengah dari beban tugas mereka (para dewan dan staff lainya).”

Magang di DPR-RI juga memberikan banyak kesan bagi Alzena. Menurutnya, kesan magang di DPR-RI saat tahun 2023 ini cukup  menarik dan menantang, terlebih lagi merupakan tahun politik. Sebagai seorang mahasiswa, ia benar-benar dapat melihat secara langsung terkait bagaimana politik kepentingan itu terjadi, serta bagaimana pula wakil rakyat berusaha memberikan kontribusi terbaiknya. “Pandangan tentang DPR yang hanya duduk bersandar menikmakti mewahnya fasilitas gedung, bagi saya tidak sepenuhnya benar. Karena sejauh ini, dari lingkup tempat saya magang, adalah mereka yang selalu memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk kemajuan bersama.” ungkap Alzena.

Shared: