Lulusan Terbaik IP UMM Periode IV Ternyata Adalah Seorang Aktifis

Kamis, 02 Desember 2021 08:52 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Ike Dwi Ambarwati sebagai Lulusan Terbaik IP UMM periode 4 tahun 2021. (Foto: Istimewa)

Kamis, 12 Desember 2021 bertepat di Aula Gedung Kuliah Bersama 4 lantai 9 Universitas Muhammadiyah Malang, FISIP melaksanakan Yudisium Periode 4 tahun 2021 dengan lancar. Dilaksanakan secara luring dengan mempraktekan protokol kesehatan yang ketat, tercatat ada 22 mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan ( IP) UMM yang mengikuti yudisium tersebut.

Salah satu yang menarik adalah lulusan terbaik bernama Ike Dwi Ambarwati. Perempuan kelahiran Bondowoso 1998 lulus tepat waktu (4 tahun) dengan predikat Cumlaude yakni meraih IPK 3,88 dan menobatkan Ike panggilan akrabnya sebagai lulusan terbaik IP UMM pada yudisium kali ini. Prestasi ini sangat luar biasa karena Ike selain memiliki segudang prestasi akademik juga memiliki rekam organisasi baik intra dan ekstra kampus yang banyak. Kematangan manajemen waktu menjadikan kuliahnya tetap dilaksanakan dengan baik meskipun juga aktif di banyak organisasi. Kuncinya kata Ike adalah kemampuan manajemen diri dan waktu. Selain itu juga adalah semangat terus belajar, pantang menyerah, berusaha dan tentu saja berdoa. Bagi Ike jadi mahasiswa jangan hanya kuliah lalu pulang tapi kembangkan dirimu dengan mengikuti banyak organisasi. Di organisasi kematangan sikap dan kedewasaan berpikir akan dilatih. Di organisasi dimotivasi untuk membaca, diskusi dan menulis yang sangat menunjang kuliah khususnya dalam penyelesaian tugas kuliah dan skripsi. Berorganisasi juga untuk membentuk jaringan (modal sosial) yang akan sangat berguna dimasa yang akan datang. Tidak benar aktif di organisasi membuat kuliah terbengkalai, justru sebaliknya organisasi akan semakin mengarahkan mahasiswa untuk kuliah dengan baik.

Ike juga menyampaikan prestasi ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan dari seluruh dosen-dosen Ilmu Pemerintahan. Di Ilmu Pemerintahan itu iklim akademiknya sangat bagus, dosen-dosen betul-betul secara serius mendampingi kegiatan akademik mahasiswa sehingga lebih terarah. Ike melihat dibawah kepemimpinan Muhammad Kamil, S.IP.,MA selaku Kepala Prodi IP UMM prestasi akademik mahasiswa semakin meningkat. Itu dibuktikan dengan misalnya banyaknya mahasiswa IP yang menjuarai lomba-lomba debat tingkat nasional dan artikel ilmiah mahasiswa yang terbit di jurnal bereputasi nasional dan internasional. Iklim akademik yang humanis dan kompetitif itulah yang semakin memotivasi Ike untuk terus berkarya dan berprestasi. Prodi IP itu luarbiasa selain saat ini memperoleh Akreditasi unggul juga memiliki dosen-dosen yang berdedikasi, cerdas dan terpenting membimbing dengan ikhlas kepada mahasiswa, bahagia dan bangga menjadi keluarga besar IP “tutup Ike .

Shared: