Laboratorium IP UMM Jalin Kerjasama dengan BPS Kota Batu dan Dinas Tenaga Kerja Kota Batu dalam Pelaksanaan Praktikum Sistem Perencanaan Pembangunan

Selasa, 28 November 2023 03:19 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 25 November 2023. Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan praktikum Mata Kuliah Sistem Perencanaan Pembangunan, Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMM yang bekerjasama dengan BPS Kota Batu dan Dinas Tenaga Kerja Kota Batu dalam memberikan sosialisasi pada mahasiswa guna menyampaikan teknis praktikum lapangan.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh seluruh mahasiswa praktikum Mata Kuliah Sistem Perencanaan Pembangunan yang diampu oleh Dr. Suyoto, M.Si. Kegiatan praktikum juga didampingi secara langsung oleh Asisten Laboratorium dan Kepala Laboratorium yakni Bapak Ali Roziqin, S.A.P, M.P.A.

Secara teknis, nantinya mahasiswa akan melakukan praktikum berupa survei pembaharuan data pengangguran terbuka. Ini dilaksanakan guna memberikan pembaharuan terhadap data pengangguran yang ada di Kota Batu berdasarkan data yang dikirimkan oleh Pemerintah Desa dan Kelurahan.

Secara khusus, survei pembaharuan data pengangguran terbuka bertujuan untuk memperoleh data terbaru tentang jumlah pengangguran serta perkembangannya. Selain itu, survei pembaharuan data pengangguran terbuka ini juga untuk memetakan kondisi pengangguran di Kota Batu, yang nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pemangku kepentingan.

“Saat melakukan pendataan di lapangan, silakan untuk megikuti acuan atau instrumen yang kami berikan, diantaranya mengisi data diri responden dengan benar dan teliti serta mengajukan pertanyaan sesuai dengan pedoman,” jelas pemateri dari BPS Kota Batu, saat memberikan pengarahan.

Praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa ini, juga bertujuan untuk memberikan pembelajaran teknis survei pada mata kuliah Sistem Perencanaan Pembangunan. Setelah dilakukan survei, harapannya dapat memberikan kebermanfaatan bagi instansi pemerintahan yang bersangkutan, mahasiswa praktikum, hingga masyarakat luas. Ini menjadi bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. (van/roz)

Shared: