Kelas COE Analis Pemerintahan & Politik Hadirkan Praktisi Konsultan Pemerintahan

Selasa, 21 Mei 2024 10:38 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Senin, 20 Mei 2024, Program Studi Ilmu Pemerintahan mengadakan kuliah tamu bersama praktisi dalam program Center of Excellence (CoE) Kelas Profesional Analis Pemerintahan & Politik. Adapun praktisi yang dihadirkan adalah seorang konsultan yang telah berpengalaman menangani berbagai proyek terkait kebijakan publik, yakni Danang Kurniawan, S.IP., M.IP., yang merupakan Sekretaris Direktur Riset PT. Sinergi Visi Utama.

Pada kuliah tamu kali ini, topik yang dibahas adalah “Analisis Implementasi Kebijakan Publik”. Implementasi kebijakan publik seringkali tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan awal. Hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai faktor kompleks yang mempengaruhi pengimplementasian kebijakan tersebut. Menurut Bapak Danang, komunikasi politik sangat mempengaruhi bagaimana kebijakan diterima dan dijalankan. Lanjut, struktur dan kemampuan organisasi atau lembaga pelaksana kebijakan juga turut memaminkan peran yang penting dalam mengimplementasikan kebijakan secara efektif. Selain itu, implementasi kebijakan juga sangat bergantung pada ketersediaan dan pengelolaan anggaran sehingga hal ini menjadi faktor yang krusial yang harus dipersiapkan. Sementara itu, adanya regulasi yang mendukung serta prosedur yang jelas juga menjadi penentu akan keberhasilan implementasi suatu kebijakan.

Selain memaparkan materi, Bapak Danang juga sekaligus membagikan pengalamannya selama menjadi konsultan. Tempatnya bekerja, PT. Sinergi Visi Utama menyelenggarakan berbagai kerja sama konsultasi, baik terkait kebijakan publik, keuangan, perekonomian daerah, pengembangan SDM, transportasi, pariwisata, lingkungan, jasa survey, jasa khusus dan penyelenggara pelatihan/training di sektor pemerintah pusat maupun daerah. Bapak Danang yang merupakan alumni Prodi Ilmu Pemerintahan UMM juga menyatakan bahwa lulusan Ilmu Pemerintahan tidak hanya dapat bekerja di isntansi peemrintah saja, akan tetapi juga dapat menjadi konsultan sepertinya, yang menjadi mitra pemerintah. Pengalaman praktisnya memberikan insight yang baru bagi mahasiswa, memperkaya pemahaman akan realitas implementasi kebijakan.

Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan, Bapak Muhammad Kamil, S.IP., MA., menyatakan kebanggaannya dapat menghadirkan praktisi sekaligus alumni Prodi Ilmu Pemerintahan seperti Bapak Danang dalam program Center of Excellence ini. Program Studi Ilmu Pemerintahan berharap dengan terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan nilai tambah bagi mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMM.

Shared: