HIMAP UMM Gelar Workshop Pelatihan Penulisan Opini

Jum'at, 05 Januari 2024 10:02 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang 05 Januari 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan (HIMAP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kegiatan Pelatihan Opini dengan tema “Mengukuhkan Gagasan dan Nalar Mahasiswa dalam Merangkai Narasi melalui Kepenulisan Opini”. Lokasi kegiatan bertempat di aula lantai 6 Gedung Kuliah Bersama (GKB 3) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 14.15 dengan dihairi oleh Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM angkatan 2022 dan 2023. Dalam kegiatan ini Aldi Kusuma anggota Bidang Pendidikan dan Penalaran HIMAP bertanggung jawab sebagai Ketua Pelaksana. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Bahtiar S.Hib.Int yang mana pernah menjabat sebagai Pimpinan Redaksi Dermotimes.com pada tahun 2022-2023.

Kegiatan Pelatihan Opini terebut bertujuan untuk memberikan pelatihan terhadap mahasiswa tentang pentingnya menulis opini yang nantinya akan diterbitkan di media cetak maupun media digital. Pemateri memberikan pemahaman mengenai beropini dan pembekalan terkait kepenulisan opini mulai dari menetapkan tema yang akan dibahas, pembentukan kerangka opini, gaya-gaya kepenulisan opini dan cara memilah data dengan baik. “Menulis jangan karena tuntutan atau apapun itu, melainkan dari keresahan kita yang dituangkan dalam bentuk opini. Menulislah dengan haiti atau jadikan tulisan sebagai karakter yang kamu cintai” jelas pemateri.

Selain melakukan pemaparan materi, pemateri juga melakukan pembedahan salah satu opini miliknya yang terbit di media digital dengan judul “DEMOKRASI MANDEK: Ada apa dengan Indonesia?”. Pemateri mulai membedah opini miliknya dimulai dari latar belakang opini tersebut dapat dibentuk, urgensi dari opini dan juga bentuk argumentasi dari penulis. Kegiatan Pelatihan Kepenulisan Opini Mahasiswa pada kesempatan kali ini dihadiri oleh 27 mahasiswa angkatan 2023 dan 6 angkatan 2022. Tepat pada pukul 16.00 WIB kegiatan Pelatihan Opini diakhiri dan ditutup dengan penyerahan sertifikat oleh Ketua Pelaksana kepada Pemateri

Shared: