Government To School SMAN 1 Karangrejo, Tulung Agung: Menggali Potensi Masa Depan Melalui Ilmu pemerintahan

Kamis, 01 Februari 2024 22:01 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Himpunan Mahasiswa Prpgram Studi Ilmu Pemerintahan (HIMAP) telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan promosi program studi Ilmu Pemerintahan. Kegiatan sosialisasi ini memberikan informasi kepada siswa-siswi SMA terkait jurusan Ilmu Pemerintahan yang ditunjukan agar siswa-siswi ini tertarik untuk mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan saat mereka lulus nantinya. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMAN 01 KARANGREJO TULUNGAGUNG, SMAN 02 BATU, dan MAN KOTA BLITAR.

Kegiatan sosialisasi dan promosi jurusan IP UMM ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 19 Januari 2024, 22 Januari 2024, dan 23 Januari 2024. Pada tanggal 19 Januari kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 01 KARANGREJO TULUNGAGUNG dengan konsep Campus Expo, tanggal 22 Januari 2024 kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 02 BATU dengan konsep pemaparan materi jurusan IP UMM, dan tanggal 23 Januari 2024 kegiatan ini dilaksanakan di MAN KOTA BLITAR dengan konsep yang sama dengan SMAN 01 KARANGREJO TULUNGAGUNG yaitu dengan konsep Campus Expo.

“Tulungagung 19 Januari 2024, Campus Expo merupakan pameran pendidikan perguruan tinggi yang ditunjukkan kepada calon mahasiswa untuk menjadi rujukan dalam melakukan konsultasi dan mencari informasi yang akurat dalam perguruan tinggi serta memotivasi siswa-siswi SMAN 01 KARANGREJO TULUNGAGUNG.

Dalam kegiatan Campus Expo PTN dan PTS memperkenalkan kepada siswa-siswi SMAN 01 KARANGREJO TULUNGAGUNG serta memberikan informasi yang informatif mengenai perguruan tinggi. Campus Expo ini membuat stand setiap Universitas untuk dikunjungi para siswa agar mereka mendapat informasi-informasi di Universitas yang mereka inginkan. Pemaparan materi oleh guru SMAN 01 KARANGREJO TULUNGAGUNG memberikan materi tentang S1 dan D3 serta pemaparan tentang ketentuan SNPMB 2024.

Setelah pemaparan materi ada juga kegiatan sharing bersama alumni SMAN 01 KARANGREJO TULUNGAGUNG  yang lolos dengan berbagai jalur yaitu dari jalur SNBP, SNBT,MANDIRI, SPAN PTKIN, UMPTKIN ,lalu dilanjut dengan tanya jawab dan ice breaking. Di dalam kegiatan Campus Expo ini kita memberi motivasi untuk siswa-siswi terkait siswa eligible agar dapat lanjut ke perguruan tinggi lewat jalur SNBP yang terhubung dengan beasiswa-beasiswa. Campus Expo ini membuat stand setiap Universitas untuk dikunjungi para siswa agar mereka mendapat informasi-informasi di Universitas yang mereka inginkan”.

“Batu 22 Januari 2024, pada kegiatan sosialisasi ini memberikan informasi kepada siswa-siswi SMAN 02 BATU terkait jurusan Ilmu Pemerintahan yang ditunjukan agar siswa-siswi ini tertarik untuk mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan saat mereka lulus nantinya.

Sambutan Wakil Ketua Himap (Jemmy Kurniawan) dan Ketua Pelaksana (Amanda Nazarina Putri) berisi kata Terima kasih ke pihak sekolah dan motivasi untuk siswa siswi SMAN 02 BATU. Setelah sambutan ada penyampaian materi oleh Aldy Febriansyah, yang menjelaskan tentang prodi IP UMM, Prospek Kerja, SKS, COE, dan prestasi mahasiswa IP UMM.

Pada kegiatan sosialisasi ini siswa-siswi SMAN 02 BATU juga banyak yang bertanya kepada pemateri terkait jurusan Ilmu Pemerintahan seperti, Apa perbedaan Ilmu Politik dengan Ilmu Pemerintahan?, Bisakah lulusan Ilmu Pemerintahan nyaleg?, dan Bagaimana peluang lulusan ilmu pemerintahan akan menjadi PNS?.

Dalam kegiatan ini kita juga memberikan banyak informasi kepada para siswa untuk mendapatkan berbagai opsi pendidikan dalam perguruan tinggi. Sosialisasi dan promosi program studi Ilmu Pemerintahan menawarkan program-programnya kepada para siswa SMAN 02 BATU. Kegiatan ini juga menciptakan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk saling berinteraksi, membangun hubungan, dan menjembatani berbagai informasi dalam pemilihan perguruan tinggi”.

“Blitar 23 Januari 2024, Sambutan Kepala Sekolah yang menjelaskan mengenai tujuan Expo Kampus sebagai upaya memperkenalkan perguruan tinggi kepada siswa-siswi MAN Kota Blitar kelas XII, sebagai calon lulusan SMA dan calon mahasiswa. Memberikan motivasi untuk bisa melampaui batasannya dan agar berupaya meraih mimpi-mimpi nya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk kaderisasi alumni agar silaturahmi antar alumni dan calon alumni MAN Kota Blitar dapat berjalan dengan baik dan lancar.  Dalam kegiatan ini ditampilkan drama yang berkolaborasi dengan tim teater MAN Kota Blitar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan juga bimbingan kepada siswa kelas IX, mengenai tujuan diadakannya kegiatan ini, sehingga para siswa bisa perpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung.

Seminar Motivasi, seminar ini sebagai sarana berbagi pengalaman para alumni yang telah sukses duduk dibangku perkuliahan dalam bidang akademik maupun organisasi.

Para perwakilan kampus melakukan Talkshow berbentuk perbincangan aktif tanya jawab dari perwakilan perguruan tinggi yang akan dibagi dengan berbagai zona yang terdiri 5-7 perguruan tinggi sesuai daerahnya. Materi yang dibawakan pada saat talkshow adalah seputar kehidupan, jalur masuk, serta pengalaman selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Ice Breaking berisi game dan hiburan tebak lagu dan tebak logo kampus untuk mengisi waktu luang serta menumbuhkan semangat audiens dalam mendengarkan materi talkshow”.

 

Shared: