Forum Diskusi Debate’s Community : Menakar Digitalisasi UMKM Pada Masa Pandemi

Selasa, 10 Oktober 2023 05:27 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 10 Oktober 2023. Dalam rangka merawat nalar kritis mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community Part-2. Kegiatan diskusi ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2022 dan 2023, serta dibimbing secara langsung oleh dosen Ilmu Pemerintahan UMM, yakni Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si.

Adapun yang bertindak sebagai pemantik diskusi yakni Aisyah Firanti, salah satu mahasiswa dari angkatan 2020. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi, Berhasilkah?”. Tema tersebut sesuai dengan fokus kajian tentang kebijakan pemerintah yang diteliti oleh pemantik.

Pertemuan yang mengkaji tentang efektivitas dari program digitalisasi UMKM di masa pandemi tersebut, berupa kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Teknologi modern menjadi salah satu pertimbangan dalam peningkatan perekonomian. Pengembangan UMKM yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro melalui pelatihan dan pembinaan tentunya menjadikan hasil yang efektif. Namun, disisi lain masih ada faktor penghambatnya yakni pengembangan sektor UMKM digital yang masih belum bisa mandiri, dimana pelaku UMKM masih harus terus didorong. Selain itu, digitalisasi UMKM masih belum bisa menjangkau seluruh wilayah,” ungkap pemantik.

Melalui diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa, bahwasannya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro perlu melakukan kerjasama dengan pihak swasta agar dapat membantu para pelaku UMKM. Kerjasama ini dapat berupa kehadiran dari pihak ketiga yang setidaknya dapat sedikit membantu permasalahan teknologi modern yang menjadi salah satu pertimbangan dalam peningkatan perekonomian. (van/roz)

Shared: