Fokus Karya Ilmiah, Prodi IP Raih Peringkat Pertama Tingkat Nasional Kinerja Publikasi SINTA

Rabu, 13 April 2022 10:11 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

IP UMM sebagai Predikat Peringkat Pertama Tingkat Nasional Kinerja Publikasi SINTA. (Foto:Istimewa)

Kabar gembira dan membanggakan kembali diraih oleh seluruh keluarga besar Ilmu Pemerintahan (IP) UMM Malang. Di bulan suci ramadhan ini, Prodi IP UMM berhasil meraih peringkat pertama (1) terkait Kinerja Publikasi untuk Kategori Strata 1 Bidang Ilmu Pemerintahan di Indonesia Tahun 2022 berdasarkan Pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA). Prodi IP UMM Memperoleh nilai tertinggi Score Overall :3.542 dan SINTA Score 3Yr: 2.441 mengungguli semua prodi-prodi Ilmu Pemerintahan lain di Indonesia.

Sinta sendiri adalah sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang merekam jumlah publikasi masing-masing institusi. Score Sinta prodi merupakan hasil dari akumulasi publikasi dan sitasi dosen dan mahasiswa yg terdata pada Scopus, Garuda, Google Scholar, dan WoS. Angka tersebut merekam kinerja publikasi selama 3 tahun terakhir yang menunjukan progresifitas prodi Ilmu Pemerintahan yang sangat luar biasa sehingga memperoleh predikat terbaik nasional.

Nilai  IP UMM sebagai Peringkat Pertama Tingkat Nasional Kinerja Publikasi SINTA. (Foto: Istimewa)

Ini tentu saja sangat disyukuri oleh prodi IP UMM. Raihan ini merupakan buah dari kerja keras, kerja ikhlas dan kolaboratif serta melalui proses yang panjang sehingga menjadi salah satu kado terindah di bulan ramadhan ini. Ungkapan ini disampaikan oleh Muhammad Kamil, S.IP.,MA.  ”kami sangat fokus mendorong agar dosen-dosen dan mahasiswa memiliki publikasi ilmiah yang banyak”. Dosen-dosen IP UMM memang memiliki semangat menulis yang sangat tinggi. Itupula yang ditularkan kepada mahasiswa misalnya kewajiban luaran mata kuliah diarahkan untuk publikasi ilmiah khususnya jurnal dan prosiding. Ada kolaborasi antara mahasiswa dan dosen sehingga proses pengerjaan artikel ilmiah tersebut menjadi lebih terarah karena mahasiswa didampingi langsung oleh dosen,”Ungkap Kamil. Kamil menambahkan bahwa tingginya citaci menunjukan bahwa artikel tersebut memiliki kualitas yang baik.

Kamil juga menambahkan bahwa untuk meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah ada keuntungan berupa konversi ke mata kuliah dan skripsi. “Alhamdulillah sudah lebih dari 40 artikel jurnal mahasiswa yang telah dikonversikan sebagai pengganti skripsi. Itu tersebar di jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 dan 3, prosiding terindeks scopus, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi. ‘itulah salah satu pemacu mahasiswa sehinga sangat antusias dalam mengerjakan artikel ilmiah, ”tambah Kamil.

Apresiasi tinggi juga disampaikan oleh Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si selaku Dekan FISP UMM. “Selamat atas pencapaian sangat luar biasa dan membanggakan dari Ilmu Pemerintahan. Ini berkat kerja keras Kaprodi, sekprodi, seluruh dosen dan mahasiswa Ilmu pemerintahan. Semoga ini menginspirasi prodi-prodi lain di FISIP UMM untuk mengikuti jejak baik dari prodi IP ini, ”tutup Muslimin.

Shared: