Fitur Pembelajaran Yang Interaktif Ala Center Of Excellent Prodi IP UMM

Selasa, 14 Maret 2023 22:10 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 14 maret 2023. Prodi Ilmu Pemerintahan UMM kembali melakukan gelaran Kuliah Tamu dalam program Center of Excellent (CoE) atau kelas unggulan Analis Pemerintahan dan Politik. Pada kuliah tamu kali ini, Prodi Ilmu Pemerintahan menghadirkan Bapak Akil Fitra Sholakodin, S.Pd. M.Si. selaku Manajer Riset PT. SMART ID.

Pada kesempatan kuliah tamu tersebut, mahasiswa diberi wawasan baru dengan tema pembelajaran “Penentuan Masalah dan Kriteria Penilaian” serta “Kebijakan Alternatif”. Bapak Akil selaku pengajar menciptakan kondisi perkuliahan yang menyenangkan dengan insight baru tentang Analisis Kebijakan. Tidak hanya itu, mahasiswa juga diberikan keleluasaan dengan model pembelajaran diskusi selama perkuliahan berlangsung.

Selain pada perkuliahan yang mengacu pada tema-tema unggulan, terdapat sharing session dari pemateri selama berkecimpung di Private Sector yang berkaitan dengan Analisis Kebijakan. Hal ini mendapat respon positif dari mahasiswa, dikarenakan model pembelajaran tidak hanya berupa teori tetapi juga based on experience dari pemateri. Selain model pembelajaran menyenangkan yang dirasakan mahasiswa, output atau tugas yang diberikan juga sangat berbeda dari perkuliahan pada umumnya. Mahasiswa diminta untuk mencari suatu permasalahan seputar public policy, kemudian menguraikan poin permasalahan untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Hal ini dapat sekaligus mengasah kreativitas dengan bentuk tugas yang interaktif seperti poster dan policy papers.

Diharapkan dengan adanya kelas Center of Excellent (CoE) Analis Pemerintahan dan Politik yang diadakan Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan baru dari pemateri-pemateri yang mengisi kuliah tamu tersebut.

Shared: