Edukasi Kemaritiman dan Wawasan Bahari di Kecamatan Donomulyo oleh Dosen Prodi IP UMM

Senin, 24 Juni 2019 09:46 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Edukasi Kemaritiman dan Wawasan Bahari di Kecamatan Donomulyo oleh Dosen Prodi IP UMM

Pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2019, sejumlah dosen Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM yaitu Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si, Hevi Kurnia Hardini, S.IP., MA.Gov, Muhammad Kamil, S.IP., MA, dan Laeli Nur Khanifah, S.IP., M.IP melaksanakan kegiatan pengabdian di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Mayarakat  Internal (PPMI) Universitas Muhammadiyah Malang yang mana target dan sasarannya adalah masyarakat pesisir di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang.

Di samping memberikan edukasi kemaritiman dan wawasan bahari, tim pengabdian Prodi IP UMM juga memberikan pendampingan, sosialisasi dan advokasi kepada pelajar di SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo. Edukasai kemaritiman yang diberikan bukan hanya tentang nelayan, tetapi juga tentang kebijakan kemaritiman, hasil laut, sarana transportasi dan lain sebagainya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini tidak lain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah pesisir akan pentingnya pengetahuan dan wawasan kemaritiman. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk dukungan akademik terhadap kebijakan pemerintah untuk menguatkan budaya bahari.

Oleh karena itu, di Bulan Juli yang mendatang akan diadakan pelatihan pembuatan film pendek untuk para pelajar tentang potensi perikanan dan kemaritiman di Kecamatan Donomulyo sekaligus sebagai kelanjutan dari kegiatan edukasi kemaritiman yang sudah dilakukan. Manfaat dari kegiatan ini nantinya bukan hanya untuk melatih skill dan bisnis para pelajar, tetapi juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Shared: