Diskusi Politik Lokal dan Preferensi Pemilih Muda, Lab IP dan LHKP Jawa Timur Kolaborasi Gelar Diskusi Ilmiah

Selasa, 22 Agustus 2023 01:16 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 19 Agustus 2023. Dalam menghadapi suasana tahun politik yakni Pemilu 2024 yang sudah berada di depan mata, maka Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMM melakukan rilis hasil survei yang dibalut dengan kegiatan diskusi guna membahas tentang dinamika politik lokal khususnya pada wilayah Kota Batu dan Kota Malang. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pihak Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMM dengan Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Muhammadiyah Jawa Timur.

Perspektif pemilih muda menjadi fokus diskusi politik lokal kali ini, dimana data-data yang diperoleh merupakan hasil survei preferensi pemilih muda yang telah dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UMM melalui praktikum mata kuliah Sistem Kepartaian dan Pemilu Indonesia (SKPI), kemudian data hasil survei diolah secara langsung oleh Tim Laboratorium. Survei sendiri dilakukan di Desa maupun Kelurahan pada wilayah Kota Batu dan Kota Malang.

Sasaran survei yakni para pemilih muda dengan rentang usia 15-39 tahun, dikarenakan usia inilah yang nantinya akan mendominasi jumlah suara pada Pemilu 2024 dengan presentase sekitar 54% dari total pemilih. Dengan demikian, rilis hasil survei ini tentu dapat menjadi gambaran terkait kondisi politik lokal, terutama tentang bagaimana preferensi pemilih muda di wilayah Kota Batu dan Kota Malang.

Hasil survei menunjukkan bahwa, mayoritas pemilih muda di wilayah Kota Batu dan Kota Malang akan memilih calon pemimpin yang bersikap tegas serta berasal dari partai politik yang sebelumnya memang sudah dikenal oleh masing-masing individu. Selain itu, para pemilih muda juga cenderung mengharapkan adanya bantuan/modal/beasiswa/sembako apabila ada bakal calon yang datang mengunjungi wilayahnya. Para pemilih muda ini, sebagian besar telah mengetahui statusnya sebagai calon pemilih yang telah terdaftar.

Kegiatan rilis hasil survei sekaligus forum diskusi politik lokal menjadi langkah nyata dari Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMM dalam mengamalkan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Selain itu, guna memberikan informasi kepada masyarakat dan stakeholders terkait tentang preferensi pemilih muda di Pemilu 2024 nantinya. (van/roz)

Shared: