Berbagi Pengalaman Magang di Lembaga Administrasi Negara RI: Mulai dari Penyusunan Model Bangkom ASN hingga Event HUT LAN RI

Jum'at, 09 Agustus 2024 11:00 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Jakarta, 9 Agustus 2024. Ayu Evita Sari, Mahasiswi Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2021 atau yang akrab dipanggil Ayu, berhasil meraih kesempatan untuk melakukan kegiatan magang di Lembaga Administrasi Negara atau LAN RI, Jakarta Pusat. Magang ini adalah bagian dari program kelas COE (Center of Excellence) Analis Pemerintahan dan Politik yanh sebelumnya telah mengikuti kelas extensive dengan praktisi selama satu semester. Durasi magang ini berjalan selama 4 bulan yakni mulai dari Bulan Juli sampai dengan Bulan November tahun 2024. Pada proses magang ini, Ayu ditempatkan ke dalam Unit Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (PIMBANGKOM). Berbasis pada Program Magang Riset Pemerintahan maka selalin melaksanakan magang, Ayu juga melakukan riset mengenai ASN Talent Managemant atau manajemen talenta ASN di Lingkungan LAN RI sesuai dengan proposal yang telah disusun sebelum keberangkatan magang.

“Saya membaca dari berbagai sumber dan mengetahui bahwa Lembaga Administrasi Negara RI memiliki andil besar dalam konteks manajemen ASN. Hal ini dapat dilihat melalui salah satu tugas dan fungsi Lembaga ini yakni meneliti, mengkaji dan melakukan inovasi manajemen ASN sesuai dengan kebutuhan kebijakan. Nah hal tersebutlah yang membuat saya sangat tertarik apalagi saat mengingat pengaturan mengenai ASN merupakan suatu hal yang kompleks dan sangat memerlukan perhatian ekstra karena berelasi dengan sebuah manajemen sumber daya manusia (MSDM).”, tutur Ayu

Berbicara mengenai pengembangan kompetensi ASN maka selama 1 bulan pelaksanaan program magang di LAN RI berbagai macam ilmu pengetahuan telah didapatkan salah satunya mengenai pengembangan kompetensi ASN di Daerah Tertinggal “Bagi saya hal tersebut sangat mengesankan karena dengan penggalian data, saya dapat mengetahui berbagai macam ilmu dan juga informasi mengenai kondisi ASN Inonesia yang berlokasi di daerah-daerah tertinggal. Oh iya tidak hanya itu saya juga bertemu dengan berbagai pihak saat kami melaksanakan Rapat Luar Kantor dan melakukan FGD” ungkap Ayu.

FGD yang diselenggaran tersebut menghadirkan beberapa stakeholder terkait mulai dari Internal Pimbangkom, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara, Kementerian Desa PDTT, sampai PT Ara Indonesia sebagai Konsultan. Hal ini tentu saja menjadi golden knowledge bagi mahisiswi magang untuk dapat berpikir kritis dan open mindet terhadap perkembangan dan pengelolaan pengembangan kompetensi ASN di Indonesia. Selain kegiatan tersebut, Ayu juga dilibatkan proses pencarian model pengembangan kompeteni ASN yang cocok di lakukan di Daerah Tertinggal (DT) melalui penugasan pembuatan dan analisis model Bangkom ASN (DT). Tidak hanya kegiatan yang bersifat internal unit, Ayu juga telah dilibatkan dalam berbagai macam kegiatan LAN RI mulai dari persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, berkontribusi dalam acara Demo Day LAN Datathon, acara pra-HUT LAN RI, sampai pada acara HUT LAN RI yang ke-67.

Shared: