Alhamdulillah, Kepala Laboratorium IP UMM 2021-2025 telah Terpilih

Rabu, 15 Desember 2021 04:31 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Suasana mufakat pemilihan kepala laboratorium IP UMM. (Foto:Istimewa)

Rabu, 15 Desember 2021, Prodi IP UMM mengadakan pemilihan Kepala Laboratorium IP UMM untuk masa khidmat 2021-2025. Yana Syafrieyana, S.IP.,M.IP kembali dipercaya untuk mengemban amanah tersebut melalui musyawarah mufakat penuh kekeluargaan yang melibatkan seluruh Dosen IP UMM.

Di kepemimpinan sebelumnya, Pak Yana panggilan akrab beliau telah menorehkan banyak kemajuan. Di masa khidmat 2017-2021 telah dilakukan banyak terobosan-terobosan progresif melalui pengembangan kelembagaan yang semakin solid dan kerjasama-kerjasama startegis dengan banyak institusi pemerintahan baik ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota hingga Desa. Sampai saat ini juga dalam proses finalisasi aplikasi E-Planning dan Ndesit. E-Planning merupakan sistem aplikasi perencanaan pembangunan berbasis elektronik yang dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari perencanaan pembangunan pemerintahan berbasis elektronik di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Sedangkan Ndesit merupakan sistem informasi desa berbasis elektorinik yang reall time memuat data profil dan manajemen aset desa.

Selain itu diperiode kedua ini tantangan Laboratorium semakin berat. Laboratorium harus menjadi support sistem dalam pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Center of Excelent (CoE). Program ini jelas butuh adaptasi yang cepat sehingga diperlukan kepemimpinan yang lebih visioner agar strateginya tepat dan Laboratorium adalah pelaksana kegiatan tersebut. Yana menegaskan optimisme semua target tersebut dapat tercapai dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana dan prasarana pendukung lainya. Apalagi nantinya akan dibantu oleh Ali Roziqin, S.PA., M.PA selaku Sekretaris LAB sehingga tugas-tugas Lab akan semakin mudah dilaksanakan. Kedepanya Lab akan semakin ditata dengan baik dan tentunya kolaborasi intensif dengan pihak Prodi IP sehingga pengembangan Lab semakin cepat, “tegas Yana.

Muhammad Kamil, S.IP.,MA selaku Kaprodi IP UMM menyebutkan Laboratorium selama ini telah bergerak on the right track meskipun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki kedepanya. Apalagi pelaksanaan MBKM dan CoE nanti menjadi tanggungjawab Lab sehingga perlu perencanaan strategi yang matang dan dirumuskan bersama-sama dengan seluruh dosen IP UMM. Selain itu Lab perlu membuat Capaian Pembelajaran (CPL) semua mata kuliah Praktikum agar mendukung implementasi MBKM dan CoE. Kami sangat yakin diperiode kedua ini Lab akan semakin berkemajuan karena visi kepemimpinan yang telah teruji dan dukungan dari keluarga besar IP UMM, “tutup Muhammad Kamil.   

Shared: